Wisata Pantai Lampon, Akses Jalan Perbukitan Dibuka Swadaya

jalan lampon

AYAH – Menikmati panorama pantai dari atas perbukitan menjadi primadona pengunjung menyusul dibukanya kawasan wisata Pantai Lampon di Desa Pasir, Kecamatan Ayah, Kebumen sejak Lebaran kemarin. Ribuan pengunjung masih berdatangan setiap harinya.

Dari atas bukit, selain menikmati panorama Pantai Lampon juga bisa menyaksikan keindahan Pantai Suwuk Puring, Pantai Menganti Karangduwur, dan Pantai Pecaron Srati. Lokasi yang terdapat hutan Perhutani itu awalnya hanya terdapat jalan setapak.

Jika dilihat dari bawah Pantai Pasir memang perbukitan di sebelah barat itu tampak gersang. Padahal dengan dibuka akses jalan yang bisa dilalui kendaraan saja akan menjadi kawasan pariwisata menjanjikan dan memiliki prospek bagus ke depannya. Bahkan tidak ada duanya di dunia ini.

“Oleh karena itu pemerintah desa memiliki inisiatif membuka akses jalan di perbukitan tersebut,” kata Kepala Desa Pasir Sukamto.

Geliat desa wisata itu mendapat dukungan penuh dari Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) diketuai Maryono. Selain itu tokoh masyarakat, nelayan, pemuda termasuk Perum Perhutani.

Kumpulkan Dana

Hingga kemudian secara swadaya mereka mengumpulkan dana, material serta tenaga membuka akses jalan di perbukitan tersebut. Ada sepanjang 1 kilometer yang dibuka baik menggunakan alat berat maupun manual sejak April silam. Lebar jalan dibuat 6 meter sehingga dapat dilalui persimpangan kendaraan roda empat.

Dan saat Lebaran kemarin sudah dimanfatkan wisatawan untuk menikmati pemandangan laut dari atas bukit. “Jumlah swadaya masyarakat mencapai Rp 100 juta,” imbuh Sukamto.

Setelah naik bukit menempuh perjalanan 500 meter, pengunjung dapat menikmati Pantai Lampon. Objek wisata tersebut tidak terlihat dari Pantai Pasir karena tertutup perbukitan menjorok ke laut.

Dari Pantai Lampon akan menyambung ke Gua Wora Wari. Untuk menuju tempat itu sementara ini hanya bisa ditempuh separuh menggunakan kendaraan roda dua dan separuh lagi berjalan kaki 250 meter. (Arif Widodo-52/ suaramerdeka.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s