Satlantas Gencarkan Razia Kendaraan

rajia polisi

KEBUMEN – Untuk menegakan disiplin para pengguna kendaraan, sejak sepekan terakhir Satuan Lalu Lintas Polres Kebumen menggencarkan razia kendaraan. Selain itu, razia tersebut juga untuk mempersempit ruang gerak tindakan pencurian kendaraan sepeda motor yang mulai marak di wilayah hukum Polres Kebumen.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Kebumen AKP Yulie Krisna menegaskan, pihaknya mulai menggencarkan razia kendaraan kembali setelah pada musim arus mudik dan balik lalu tidak melakukan penindakan terhadap masyarakat yang melakukan pelanggaraan.

“Wajib bagi kami untuk mengingatkan masyarakat agar mematuhi aturan saat mengendarai kendaraan. Ini demi menekan angka kecelakaan, serta demi keselamatan pengendara itu sendiri,” ujar Yulie.

Yulie menyontohkan, pada Kamis (13/8) malam terjadi kecelakaan yang mengakibatkan tiga orang meninggal dunia. Kecelakaan tersebut melibatkan kendaraan sepeda motor yang tidak hati-hati dalam berkendara.

Tiga orang yang meninggal terjadi pada malam Jumat Kliwon itu, yang pertama kecelakaan melibatkan sepeda motor dengan angkutan umum di Mertokondo, Desa Kutosari, Kecamatan Kebumen. Satu orang meninggal dunia pada kecelakaan tersebut.

Tak berselang lama, pada malam Jumat Kliwon itu, dua pengendara sepeda motor meninggal ditempat karena bertabrakan dengan bus AKAP di simpang empat Soka Baru, Desa Kuwayuhan, Kecamatan Pejagoan.

“Bayangkan saja, dalam satu hari ada tiga orang meninggal gara-gara kecelakaan motor. Jadi inilah kenapa kami menggencarkan kembali kegiatan ini,” tegasnya.

Terlebih, saat ini baru mulai memasuki tahun ajaran baru bagi anak-anak sekolah. Dimana banyak ditemui usia anak-anak sudah berani menggunakan sepeda motor di jalan raya. “Kita peringatkan kepada mereka, agar tidak menaiki motor sendiri kalau belum punya SIM,” imbuhnya.

Tak hanya sepeda motor yang menjadi sasaran razia, petugas juga merazia angkutan umum. Petugas memeriksa seluruh kelengkapan kendaraan. Ratusan kendaraan sepeda motor dan angkutan umum diperiksa petugas, serta puluhan lainnya terpaksa ditilang karena terbukti tidak dapat menunjukan surat-surat kelengkapan berkendara. (ori/sus/ Radar Banyumas /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s