Ratusan Produk Kelompok Dipamerkan

gula-semut

BUAYAN – Ratusan produk kelompok binaan Unit Pelaksana Kegiatan (UPK) Kecamatan Buayan, Kebumen dipamerkan selama tiga hari, Kamis – Sabtu (13-15/8). Pembukaan pameran yang bertajuk ’’Gebyar Produk Kelompok dan Penyerahan Dana Sosial Peralatan’’ itu berlangsung di Kantor UPK Kecamatan Buayan.

Semua desa di Buayan yang berjumlah 20 desa mengikuti kegiatan tersebut. Produk yang dipamerkan itu antara lain emping melinjo, gula semut, gula koin, stik drum, meja menggambar, batu akik, serta aneka makanan dari mulai dawet, cincau, jenang, kripik daun bayam, kripik daun singkong, lanting klathak, peyek undurundur, serta yutuk.

Sebelum pameran dibuka dilaksanakan jalan sehat yang diikuti 1.500 peserta. Jalan sehat tersebut dibagikan berbagai doorprize antara lain sepeda, handphone, kompor gas, dan kipas angin.

Rute diawali dari depan kantor Kecamatan Buayan menuju SMP 1 Buayan, kemudian menuju Sikayu ke selatan sampai Pemandian Langen Ujung, lalu ke Ganda Suli. Kemudian kembali ke kantor Kecamatan Buayan. Sebelum finish, peserta mampir ke tempat pameran. Mereka memborong berbagai produk yang disuguhkan.

Perkembangan Pesat

Kepala Bapermades Amirudin yang membuka pameran itu mengemukakan, produk kelompok tersebut merupakan usaha kreatif yang diminati oleh anak muda dan perempuan, sehingga bisa berkembang dan berkelanjutan.

’’Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini,’’kata Amirudin. Hadir Camat Buayan Supoyo dan Danramil Buayan Kapten CZI Paulus Souhuwat.

Lebih lanjut Amirudin mengatakan, kegiatan tersebut sekaligus menyambut peringatan 17 Agustus yang pada puncaknya dilaksanakan upacara dan dimeriahkan oleh drama kolosal. Persiapan drama kolosal itu dikoordinasi oleh Kapten CZI Souhuwat.

’’Kami pastikan bakal meriah,’’imbuhnya.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut, sebelumnya juga dilaksanakan donor darah, lomba K3. Kali ini yang digelar gebyar produk kelompok dan penyerahan dana sosial peralatan itu disuguhkan berbagai produk kelompok. Salah satu Kelompok Ngudhi Rejeki dari Dukuh Lodeng Desa Jladri, Kecamatan Buayan bahkan bahkan telah mengekspor produk gula semut lewat PTMega Inovasi Karya Mandiri.

Ketua Badan Kerja Sama Antardesa (BKAD) Kecamatan Buayan Suharyadi didampingi Staf Pengelola Dana Bergulir UPK Kecamatan Buayan Hemawan Setiyadi mengemukakan, gebyar produk kelompok berupa pameran itu berlangsung tiga hari, Kamis – Sabtu (13 -15/8).

Pada Jumat – Sabtu (14 -15/8) berlangsung lomba mewarnai tingkat PAUD dan TK se-Kecamatan Buayan. Kegiatan tersebut untuk menyemarakkan 17-an sekaligus menunjukkan eksistensi UPK Kecamatan Buayan dalam berkiprah di masyarakat. Dikatakannya, UPK Kecamatan Buayan mengalami perkembangan cukup pesat.

Awalnya yang hanya memiliki modal Rp 1,9 miliar, kini meningkat menjadi Rp 5,7 miliar. ’’Kelompok binaannya mencapai 200 kelompok dengan anggota 2.000 orang,’’ imbuh Hemawan Setiyadi. Kegiatannya meliputi simpan pinjam perempuan dan usaha ekonomi produktif. (K5-42/ suaramerdeka.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s