Kodim dan Warga Bangun Jembatan Gantung

kodim jembatan

KLIRONG – Kodim 0709/Kebumen bersama warga Desa Kedungsari, Kecamatan Klirong, Kebumen membangun jembatan gantung. Pelaksanaan pembangunan jembatan yang menghubungkan Desa Kedungsari dan Desa Ambalkumolo, Kecamatan Buluspesantren itu dimulai Jumat (14/8).

Sebanyak 150 orang mengikuti karya bakti TNI tersebut. Kehadiran personel Kodim 0709/Kebumen itu menambah semangat warga untuk bergotong royong membangun jembatan gantung.

Mereka pun antusias mengikutinya, mengingat keberadaan jembatan tersebut sangat dibutuhkan masyarakat. Terutama warga Kedungsari yang sebagian besar memiliki sawah dan ladang di seberang Sungai Luk Ulo, lokasi yang dibangun jembatan gantung tersebut.

Sanreja (60), ketua RT 2 RW 2 Desa Kedungsari sembari mengatakan, selama ini masyarakat Kedungsari harus memutar apabila hendak ke pasar atau ke sawah. Jarak tempuh saat melewati jalan yang memutar itu mencapai lima kilometer. Dengan dibangunnya jembatan gantung tersebut, imbuh Sanreja, maka jarak tempuhnya tak sampai 100 meter.

Masyarakat Kedungsari yang hampir semuanya memiliki sawah dan ladang di Desa Ambalkomolo itu pun sangat terbantu. ‘’Jembatan ini nanti pasti bermanfaat karena saat hendak ke sawah atau ke pasar tidak perlu mutar jauh,’’ jelas Sanreja.

Sarana Transportasi

Terlebih, saat musim panen juga lebih mudah untuk mengangkut hasilnya. Karena itu, pihaknya berterima kasih kepada Kodim 0709/Kebumen. Di mana pengerjaan jembatan gantung itu membutuhkan tenaga yang banyak.

Kepala Desa Kedungsari Sarjono mengemukakan, pembangunan jembatan gantung tersebut untuk memperlancar transportasi perekonomian dan pendidikan di wilayahnya. Untuk diketahui, tidak hanya warga saja yang diuntungkan dengan keberadaan jembatan tersebut.

Anak-anak pun terbantu karena akses menuju ke sekolah menjadi lebih dekat. Saat pengecoran karya bakti kemarin, hadir Muspika Kecamatan Klirong, dan Pasi OPS (perwira seksi operasi) Kodim 0709/Kebumen Kapten Inf M Wahyudi.

Ia yang mewakili Dandim 0709/Kebumen Letkol Inf Putra Widyawinaya menjelaskan, penanganan pekerjaan tersebut memang butuh tenaga banyak, sehingga pihaknya mengerahkan personel dari Kodim 0709/Kebumen dan Koramil Klirong. ‘’Dan kami siap tampil di depan untuk membantu kesulitan masyarakat,’’ tegasnya. (K5-42/ suaramerdeka.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s