Kebumen Kembali Raih Penghargaan Kota Layak Anak

layak

KEBUMEN – Untuk keempat kalinya Kabupaten Kebumen meraih penghargaan sebagai Kota Layak Anak (KLA). Penghargaan ini adalah apresiasi yang diberikan negara kepada daerah di seluruh wilayah Republik Indonesia yang telah melakukan pembangunan pemenuhan kebutuhan standar anak.

Kabid Kesejahteraan dan Perlindungan Anak Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kabupaten Kebumen, Drs Susilo mengatakan Penghargaan tersebut merupakan yang keempat kalinya. Dimulai tahun 2011, 2012, 2013 dan tahun 2014.

“Keberhasilan prestasi tersebut tak lepas dari peran serta dan dukungan semua SKPD di Kabupaten Kebumen. KLA adalah sistem pembangunan Kabupaten/Kota yang mengintegrasikan komitmen dan sumberdaya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan, program dan kegiatan untuk pemenuhan hak-hak anak,” jelasnya, Kamis (13/8/2015).

Terkait upaya perlindungan anak , saat ini di Kabupaten kebumen telah dibentuk Komisi Perlindungan Anak Desa (KPAD) Kebumen. KPAD dibentuk secara partisipatif, dengan melibatkan semua unsur yang berkepentingan dengan perlindungan anak, yang dijadikan sebagai salah satu institusi Desa, untuk menjamin perlindungan anak.

Di Kabupaten Kebumen, dari 460 desa dan kelurahan di kabupaten Kebumen, telah terbentuk 125 KPAD. Tugas KPAD nantinya di antaranya mensosialisasikan kepada masyarakat tentang hak-hak anak da serta melakukan upaya pencegahan, respon dan penanganan kasus kasus kekerasan terhadap anak dan masalah anak.

Komitmen Pemkab Kebumen terkait dengan kepedulian hak dasar anak telah ditunjukkan melalui program dan kebijakan berupa Peraturan Daerah (PERDA), yaitu Peraturan Daerah Kabupaten Kebumen Nomor 3 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Perlindungan Anak.

Sementara itu, penyerahan penghargaan KLA diberikan secara simbolis oleh Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo kepada pemenang di Istana Kepresidenan Bogor dalam rangkaian Pucak Perayaan Peringatan Hari Anak Nasional Republik Indonesia, Selasa, (11/8/2015). (Tribunjogja.com/ Rento Ari Nugroho /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s