Kader Pramuka Diminta Ingat Janji

hut pramuka

KEBUMEN – Kader Pramuka diminta selalu mengingat janjijanjinya seperti yang tertuang dalam Tri Satya dan Dasa Dharma. Hal itu disampaikan Sekretaris Kwarcab Gerakan Pramuka Kebumen Edy Sukamsi di sela-sela renungan dan ulang janji Hari Pramuka Ke- 54 di Sanggar Pramuka Kebumen, Kamis (13/8) malam.

Renungan dikemas dalam drama dan musikalisasi. Awalnya terdengar sangkakala pertanda panggilan kepada eserta yang didominasi para siswa.

Selanjutnya, 10 pembawa obor dengan langkah mantap maju ke tengah-tengah peserta dan satu per satu menyalakan obor yang diambil dari pelita di pusat arena. Berurutan Dasa Dharma diucapkan, disertai nyala obor dalam sikap sempurna. Setelah Dasa Dharma ke-10 diucapkan, pembawa obor kembali ke barisan.

”Renungan ini untuk merefleksikan janji-janji Pramuka,” tegas Edy yang juga Kabid Tendik Dikpora Kebumen itu. Hadir Kepala Dikpora Ahmad Ujang Sugiyono.

Tema HUT Pramuka kali ini ”Pramuka Garda Terdepan Pelaku Perubahan dalam Pembentukan Karakter Kaum Muda”. Lebih lanjut, kegiatannya diarahkan agar memiliki dimensi lebih luas, dengan melibatkan banyak stakeholders serta memberikan manfaat nyata bagi masyarakat sekaligus mengobarkan semangat kepramukaan dan nasionalisme. Ini mengingat, pelaksanaannya bertepatan dengan persiapan HUT Ke-70 Kemerdekaan RI.

Tujuannya antara lain meningkatkan karya dan bhakti gerakan Pramuka bagi masyarakat. Dalam HUT Pramuka kali ini terdapat kegiatan pendukung antara lain kebersihan lingkungan, penghijauan, donor darah, kampanye antinarkoba, antikorupsi, antikekerasan, ziarah, dan perkemahan.

”Renungan dan ulang janji tersebut merupakan kegiatan pokok,” kata Edy.

Selanjutnya, dilaksanakan upacara HUT Pramuka serta penganugerahan tanda penghargaan yang dilaksanakan di Alun-alun Kebumen pada Jumat (14/8). Bertindak sebagai inspektur upacara Pj Bupati Kebumen Arief Irwanto yang menyampaikan amanat dari Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault. (K5-42/ suaramerdeka.com /LintasKebumen©2015)

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s