Gemukkan Sapi, Tunda Penjualan

sapi purbowangi

BUAYAN – Di tengah-tengah tingginya permintaan sapi lokal Kebumen keluar daerah, khususnya Jakarta dan Jawa Barat, ternyata tak semua peternak sapi Kebumen saat ini tergiur untuk segera menjual sapi dewasa miliknya. Banyak peternak yang memilih menunda penjualan sapinya hingga mendekati Idul Adha mendatang.

“Sebenarnya istilah yang tepat bukan menunda jual, namun menggemukkan sapi terlebih dahulu agar punya daya jual lebih tinggi untuk kebutuhan Idul Adha mendatang. Kalau istilah peternak, sapi-sapi tersebut disebut sapi ‘besaran’ atau sapi yang diprogramkan untuk dijual di bulan ‘Besar’ mendatang” ujar peternak sapi Desa Bumiagung Kecamatan Rowokele Kebumen, Rasmin, di Pasar Hewan Purbowangi Kecamatan Buayan Kebumen, Jum’at (14/08/2015).

Sapi-sapi dewasa yang ditunda penjualannya itu menurut Rasmin adalah sapi dewasa jantan jenis lokal yang sehat dan siap potong pada hari H Idul Adha mendatang.

“Bisa saja peternak melepas sapinya saat ini, namun harus dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan harga pasar saat ini. Ada tradisi di kalangan peternak sapi Kebumen bahwa menjual sapi ‘besaran’ adalah sebuah kehormatan tersendiri,” ujar peternak sapi Rowokele lainnya, Masrikhun.

Kendati menunda penjualan sapi jantan dewasa, menurut Rasmin maupun Masrikhun peternak masih mendapatkan pemasukan dengan menjual sapi dewasa betina sebagai sapi siap potong, juga anak sapi atau pedhet dan sapi remaja kepada sesama peternak.

“Jadi jangan heran kalau harga sapi dewasa lokal saat ini tinggi dan sulit turun ke harga normal karena permintaan ke luar daerah yang tinggi bersamaan dengan munculnya tradisi peternak melakukan penggemukan sapi ‘besaran’,” jelas Masrikhun.

Sampai Jum’at (14/08/2015) harga sapi dewasa lokal kualitas super di Pasar Hewan Purbowangi mencapai Rp 42 ribu sampai Rp 43 ribu/kilogram hidup atau jauh di atas harga normalnya sebesar Rp 35 ribu/kilogram hidup. Sedangkan sapi dewasa metal dan blasteran Rp 38 ribu/kilogram hidup.(Dwi/ KRjogja.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s