Distribusi Raskin Tertutup Lebih Efektif

Raskin122

KEBUMEN – Tidak seperti distribusi gas elpiji 3 kg, sistem yang diterapkan untuk pembagian raskin dilakukan secara tertutup. Kini, yang bisa mendapatkan raskin hanya pemilik kartu raskin.

Penerapan distribusi raskin sejak April tersebut sampai saat ini berjalan lancar dan cukup efektif. Hal itu dikatakan Kabag Perekonomian Setda Pemkab Kebumen Wahyu Siswanti. Menurutnya, penerapan distribusi raskin secara tertutup itu telah dianggarkan dalam APBD 2015.

Kartu raskin itu dibagikan ke desa melalui kecamatan. RTS yang mendapat jatah raskin memegang kartu dan saat mengambil harus menunjukkan kartunya. Dalam pengawasannya, Satgas raskin kecamatan memantau ke desa-desa. ‘’Datanya dari statistik,’’ kata Wahyu yang ditemui Suara Merdeka, kemarin. Setiap tahunnya, kata wahyu, ada pemutakhiran data.

Antara lain karena pindah rumah, ada duplikasi data, meninggal dunia dan tidak ada ahli warisnya, serta perubahan dari miskin menjadi kaya. Perubahan itu harus dilakukan oleh desa melalui musyawarah. Diharapkan, distribusi raskin secara tertutup itu semakin tepat sasaran. Jatahnya 15 kg per rumah tangga sasaran (RTS).

Untuk kuota raskin di Kebumen, berdasarkan Pendataan Program Perlindungan Sosial (PPLS) tahun 2013 sebanyak 107.486 RTW. Dan pada tahun ini sudah mengawali pendataan dari statistik. ‘’Hasil pendataan tersebut ditunggu untuk program berikutnya,’’ imbuh Wahyu.

Pantau Kualitas

Untuk pembagian raskin 2015, pada Agustus telah diajukan menjelang Lebaran. Sehingga bulan ini tidak terima jatah raskin. Pertimbangannya untuk menjaga ketersediaan beras dan invlasi. Wahyu berharap, ada pengganti raskin Agustus. Namun dari pemerintah tidak ada.

Adapun untuk pengadaan raskin dilakukan oleh Bulog. Pihaknya selaku Satgas selalu memantau kualitasnya yakni harus memenuhi spesifikasi dan kualifikasi, di mana kadar air maksimall 14 persen, derajat sosok 95 persen, butir patah maksimal 20 persen, serta menir maksimal 2 persen.

‘’Raskin juga harus terbebas dari penyakit, bau busuk dan bahan kimia,’’ tandasnya. Pihaknya pun berkomitmen 2×24 jam siap mengganti jika terdapat raskin berkualitas jelek. Asalkan belum sampai ke titik sasaran atau dibagikan. (K5-42/ suaramerdeka.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s