Dana Desa Turun, Sejumlah Desa Kesulitan Mencairkan

dana desa Ilustrasi

KEBUMEN – Pembagian Dana Desa (DD) 2015 tahap pertama untuk 459 desa di 26 kecamatan Kabupaten Kebumen sudah berhasil tersalurkan 100 persen ke rekening masing-masing desa penerima sebelum Idul Fitri 2015. Namun sayangnya, sampai Kamis (13/08/2015), masih ada sejumlah desa yang mengeluh karena belum berhasil mencairkan dana tersebut di bank penyalurnya.

“Berdasarkan evaluasi kami, komitmen Pemerintah Pusat menyalurkan DD 2015 tahap pertama untuk Kabupaten Kebumen sebelum Idul Fitri 2015, berhasil direalisasikan. Namun sayangnya, sampai hari ini sejumlah desa melaporkan bahwa mereka belum bisa mencairkan dana tersebut di bank,” ungkap Anggota Presidium Forum Masyarakat Sipil (Formasi) Kebumen, Yusuf Murtiono, dalam diskusi Dana Desa 2015 Untuk Kebumen di Sekretariat Formasi Kebumen, Kamis (13/08/2015).

Formasi menurut Yusuf terus mencermati pelaksanaan pembagian DD 2015 sejak penyaluran tahap pertama digulirkan di Kebumen. Adapun salah satu persyaratan pencairan dana tersebut di bank adalah menyertakan rekomendasi dari Camat yang diberikan setelah Camat memverifikasi semua berkas prasyaratnya.

” Bank harus segera memroses pencairan dana agar desa bisa segera melakukan kegiatan dan membuat laporan kegiatan untuk persyaratan pencairan termin kedua dan termin berikutnya. Bila sampai akhir tahun desa gagal menggunakan dan mempertanggungjawabkan 100 % alokasi dananya, maka imbasnya untuk DD tahun 2016 jatah desa dipotong sebesar sisa dana yang gagal digunakan tersebut,” jelas Yusuf. (Dwi/ KRjogja.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s