PMR Wira SMA 1 Dinilai Tim Provinsi

Praktik pertolongan pertama dalam lomba PMR. (Foto : Sukmawan)

KEBUMEN – PMR Wira Unit SMA 1 Kebumen, Rabu kemarin dinilai oleh Tim dari PMI Jateng pada Invitasi PMR Teladan 2015. Tim yang terdiri atas tiga juri menilai semua aspek kegiatan PMR di sekolah tersebut.

Begitu Tim Juri PMI Provinsi Jateng yang terdiri dari Wuri, Rina dan Danang tiba di halaman sekolah, segera disambut bunyi sirine meraung. Para siswa anggota PMR Wira berlarian seolah terjadi gempa bumi. Dalam simulasi singkat itu anggota PMR segera melakukan pertolongan dan evakuasi, membawa tandu dan menyelamatkan para korban.

Selanjutnya, tim juri diterima secara resmi oleh Wakil Kepala SMA1 Siswadi, di aula. Salah satu penggiat PMR Akbar Nur Azis menyampaikan presentasi berbagai kegiatan yang dilakukan PMR sekolahnya selama ini.

Mulai dari perekrutan anggota PMR Wira, pelatihan pertolongan pertama, membantu PMI bersama sukarelawan melakukan pemberantasan sarang nyamuk, melakukan bersih pantai di Kebumen selatan serta mengelola media sosial blog dan Facebook.

Pendidikan Karakter

Sebelumnya, Tim Juri PMI Provinsi diterima pengurus PMI Kebumen di Markas PMI Jalan Arungbinang. Menurut Ketua PMI Kebumen Komper Wardopo, PMR merupakan salah satu kegiatan ekstrakulikuler pilihan yang diminati para siswa dan merupakan bagian dari pendidikan karakter.

Adapun Wuri dari staf PMI Jateng menjelaskan, Invitasi PMR Taladan se- Jateng diadakan setiap tahun. Dua tahun ini kegiatan tersebut diikuti PMR Madya (SMp) dan PMR Wira (SMA/SMK).

Tahun ini untuk tingkat PMR Wira di Kebumen ditunjuk PMR Unit SMA 1 Kebumen. Adapun PMR Madya ditunjuk PMR SMPPGRI Sempor. Wakil Ketua PMI Kebumen Bidang SDM dan Pembinaan Generasi Muda Salim Wasdy menyatakan, pihaknya telah melakukan pembinaan dan persiapan terhadap anggota PMR yang ditunjuk bersama guru pembina PMR.

Dua unit PMR yang ditunjuk itu melalui seleksi dan telah siap mengikuti lomba. Salim menambahkan, prestasi PMR Kebumen selama ini cukup membanggakan. Dua tahun berturut-turut (2012- 2013) PMI Madya berhasil meraih juara I Teladan se Jateng yakni PMR Madya SMP1 Prembun dan PMR Madya SMP1 Karangsambung. Tahun 2014 PMR Unit SMK 1 Gombong meraih Juara II se- Jateng.(B3-42/ suaramerdeka.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s