Parkir Gerobak PKL Dikeluhkan Warga

gerobak1

KEBUMEN – Parkir gerobak pedagang kaki lima (PKL) dikeluhkan warga dan pengguna jalan. Selain mempersempit jalan, gerobak yang teronggok ditinggal pemiliknya itu juga mengganggu pemandangan dan keindahan wajah kota Kebumen.

Gerobak itu saban sore hingga malam digunakan pedagang untuk berjualan di Jalan Sutoyo. Namun para pedagang yang telah diberi tempat berjualan di pusat jajanan Kebumen itu, justru menempatkan gerobak di Jalan Nusa Tenggara, yang menghubungkan Jalan Sutoyo dengan Jalan Sarbini.

“Ini ibarat sudah dikasih hati masih merogoh ampela,” tandas Muslihun (30), warga Muktisari Kebumen yang setiap pagi melihat pemandangan kumuh di Jalan Nusa Tenggara saat mengantar adiknya sekolah itu.

PKL yang berjualan di Jalan Sutoyo itu memang sudah diberi tempat berjualan di pinggir Jalan Sutoyo. Mereka pun masih mendapat angin segar lagi, menyusul dibangunnya taman yang dilengkapi kanopi di pinggir jalan tersebut. Kini setelah digunakan untuk berjualan PKL, lingkungan sekitar menjadi kumuh.

Bahkan kemegahan gedung SMA 1 Kebumen tertutup kanopi. Dan sekolah yang dikepalai Agus Sunaryo itu terkena imbas adanya aktivitas para pedagang itu, seperti bau amis dan banyaknya tumpukan sampah yang dipenuhi lalat. Parahnya, pedagang yang selesai berjualan itu malah memarkir gerobaknya di pinggir jalan Nusa Tenggara, samping timur SMA 1 Kebumen.

Dititupi Karung

Bahkan sebagian hanya ditinggal di bawah kanopi yang dibangun CV Mudah Jaya, Jatisari, Kebumen itu. Gerobak itu acapkali hanya ditutupi karung bekas atau kain yang kondisinya sudah sobek atau lusuh. Posisi gerobak itu persis di depan halaman SMA 1 Kebumen.

Daeri (50), salah satu PKL Jalan Sutoyo membenarkan banyaknya gerobak yang ditinggal pemiliknya tersebut. Namun dari puluhan gerobak yang diparkir di Jalan Nusa Tenggara itu tidak ada satu pun miliknya. Daeri memilih menitipkan gerobak di halaman rumah warga. Ia membayar penitipan gerobak Rp 1.000 sehari.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Pengelolaan Pasar (Disperindagsar) Kabupaten Kebumen Azam Fatoni mengatakan, memang tidak menyediakan tempat parkir gerobak PKL yang berjualan di Jalan Sutoyo. (K5-32/ suaramerdeka.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s