Dikonteskan, Sapi-sapi Ini “Bergaya” Bak Model

kontes sapi

PURING – Ratusan sapi dari jenis Peranakan Ongole (PO) mengikuti kontes sapi tingkat Kabupaten Kebumen di lapangan Desa Sitiadi, Kecamatan Puring, Senin (10/8/2015). Uniknya, dalam lomba kali ini adalah semua sapi peserta lomba harus berjalan menyusuri “catwalk” khusus layaknya kontes model manusia.

Sepanjang catwalk tersebut, sapi yang dituntun pemiliknya akan memamerkan bentuk tubuhnya. Bahkan sapi-sapi itu diwajibkan mengikuti sesi foto. Sapi-sapi tersebut juga diberi nama, nama-namanya pun mirip nama manusia. Seperti ada sapi yang bernama Syahrini, Rina, Rahayu, dan nama lainnya.

Adapun penilaian terhadap sapi-sapi peserta kontes meliputi 29 kriteria. Diantaranya, bentuk moncong, punuk, glambir, warna bulu, bentuk tubuh hingga kegemukan. Kriteria tersebut menunjukkan ciri-ciri sapi PO asli Kebumen.

Kepala Dinas Peternakan dan Pertanian (Distanak) Kabupaten Kebumen, Pudji Rahayu, mengatakan acara tersebut sebagai upaya mempertahankan sapi peranakan ongole (PO) asli Kebumen. Cara ini diharapkan dapat memberikan motivasi warga agar tetap melestarikan sapi asli Kebumen.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mempertahankan sapi PO asli Kebumen, mempertahankan bibit dan indukan unggulan agar tidak sampai pergi ke luar Kebumen. Juga sekaligus memberikan nilai tambah bagi peternak,” terang Pudji Rahayu.

Pj Bupati Arief Irwanto yang turut memantau kegiatan kemarin, menyambut baik acara tersebut. Menurutnya, Kabupaten Kebumen telah ditunjuk sebagai wilayah pembibitan Sapi PO Village Breeding Centre (VBC) oleh Direktorat Perbibitan Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian. Pembibitan yang dikembangkan yaitu komoditas Sapi PO, karena dinilai sangat potensial. (ori/cah/ kebumenekspres.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s