Barli Halim Siap Jadi Cabup atau Cawabup

Pilkada Kebumen/ Ilustrasi

Pilkada Kebumen/ Ilustrasi

KEBUMEN – Lama tidak memberi tanggapan atas dirinya yang masuk bursa sebagai kandidat dalam pemilihan bupati dan wakil (Pilbup) Kebumen 2015, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Barli Halim akhirnya memberikan statemen kepada media.

Peryataan Barli Halim itu, untuk menjawab atas banyaknya pertanyaan kepada dirinya, apakah dia siap maju dalam Pilbup 2015 nanti atau tidak. “Sebagai kader yang telah 17 tahun di partai dan mendapat mandat partai, saya siap maju baik sebagai calon bupati maupun calon wakil bupati di Pilkada 2015,” ujar Barli Halim kepada Suara Merdeka, Minggu (21/6).

Ketua DPD PAN Kebumen dua periode ini (2006-2011/2011- 2016) menjelaskan, posisi itu bergantung pada konstelasi politik yang ada. Mengingat tidak ada satu pun partai politik di Kebumen yang bisa mengusung sendiri cabup maupun cawabupnya.

“Dengan koalisi yang sudah terbangun dan berjalan lama, PAN berusaha mempertahankan untuk tetap konsisten,” imbuh mantan anggota DPRD dua periode yang memilih mundur untuk membesarkan partai tersebut.

Barli yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Majelis Penasihat Partai (MPP) DPW PAN Jawa Tengah itu mengakui, dinamika yang berkembang akhir-akhir ini, secara nyata ada beberapa kepentingan yang hampir sama. Tidak bisa dipungkiri hal itu dapat menimbulkan perbedaan pendapat yang terjadi di detik-detik krusial ini.

“Beberapa pilihan bisa berdampak tidak sepakat, mungkin bisa terjadi. Tetapi PAN tetap fokus pada sukses Pilkada damai Kebumen 2015,” tandas politisi yang pernah di Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PAN Kecamatan Sruweng 2000-2005 itu.

Sulit Diprediksi

Sistem Pemilu kali ini, kata Barli, merupakan hal baru. Semua sulit diprediksi bahkan oleh internal partai masing-masing di tingkat daerah. Dewan pimpinan partai tingkat pusat lebih menentukan dibanding daerah. Rekomendasi tingkat pusat yang diakui KPU.

“Ini menjadi lebih sulit dibaca,” katanya.

Menurut Barli, dua pekan ke depan merupakan pekan krusial. Partai politik akan segera memunculkan kandidat masing-masing. “Semoga saja, Kebumen dapat memilih yang terbaik,” ujarnya pria yang megawali kepengurusan di dewan pimpinan ranting PAN Desa Jabres tahun 1998-2000.

Sebelumnya, Ketua KPU Kebumen Paulus Widiyantoro menyampaikan, pendaftaran bakal calon bupati-wakil bupati Kebumen akan dilaksanakan pada 26-28 Juli 2015. Berikutnya, akan dilakukan proses verifikasi kepada para bakal calon. Sedangkan penetapan calon dilakukan pada 24 Agustus 2015.

Tahapan lain akan mengikuti, yakni pengundian nomor urut (24- 26 Agustus) dan masa kampanye (27 Agustus-5 Desember 2015). Masa tenang pada 6-8 Desember dan pencoblosan pada 9 Desember 2015. “Nanti akan digelar debat visi misi calon bupati dan wakil bupati di depan rapat paripurna DPRD,” kata Paulus Widiyantoro. (J19-32/ suaramerdeka.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s