Rekomendasi Gerindra Satu Paket

Pilkada Kebumen/ Ilustrasi

Pilkada Kebumen/ Ilustrasi

KEBUMEN- Rekomendasi Partai Gerindra nanti akan dikeluarkan dalam bentuk satu paket calon bupati dan wakil bupati. Namun karena belum bisa mengusung sendiri, maka kandidat yang mendapat rekomendasi dari DPP Partai Gerindra itu akan dibahas dengan partai koalisi.

Hal itu dikemukakan Sekretaris DPC Partai Gerindra Kabupaten Kebumen Agus Dwijanto saat dihubungi Suara Merdeka, kemarin. Menurut dia, tidak ada yang sulit jika dilakukan bersamasama. “Termasuk dalam menghadapi Pilbup Kebumen,” katanya. Kendati, lanjut Agus, masingmaisng partai politik yang bergabung dalam koalisi telah memiliki calon sendiri.

Misalnya, Nasdem yang sudah mengeluarkan rekomendasi untuk calon bupati Khayub Muhamad Lutfi. Padahal Nasdem bergabung dalam Koalisi Kebumen Beriman (KKB) bersama Gerindra, PAN, PKB, Golkar, PPP, dan PKS. Adapun Golkar dan PPP masih mengalami kemelut internal, sehingga kepengurusannya pun terdapat dua kubu. Bahkan Golkar sendiri terdapat kubu Aburizal Bakrie yang diketuai Slamet Marsoem dan kubu Agung Laksono yang dipimpin Suprapto HS.

Masing-masing pun menyerahkan kepengurusannya di KPU Kebumen untuk menghadapi Pilbup tahun ini. Sementara PKS telah digaet Khayub Muhamad Lutfi. Namun dari jumlah kursi yang dimiliki Nasdem dan PKS belum bisa mengusung calon sendiri. Karena, Nasdem hanya memiliki lima kursi Dewan, dan PKS tiga kursi legislatif.

Jadi dari delapan kursi gabungan Nasdem dan PKS itu, belum bisa mengusung kandidat maju Pilbup. Mengingat, syarat minimal untuk mengusung kandidat sendiri 10 kursi Dewan. Selain itu, Khayub juga belum memiliki pasangan calon wakil bupati. Agus mengatakan, saat ini masih menjalin komunikasi dengan partai politik yang bergabung dalam KKB.

Djuwarni Tersisih

Baginya, untuk menyatukan kandidat yang direkomendasikan Gerindra nanti dengan partai lain tidaklah sulit, meski sudah berpasangan. “Kandidat yang mendaftar di Gerindra kan juga ada yang mendaftar di partai lain yang bergabung dalam KKB,” jelasnya.

Seperti Djuwarni yang juga wakil bupati Kebumen. Tokoh asal Desa Kemukus, Kecamatan Gombong itu selain mendaftar di Partai Gerindra juga di PKB serta Nasdem. Namun di Partai Nasdem Djuwarni tersisih oleh Khayub Muhamad Lutfi. Peluang PKB untuk mengusung Djuwarni bersama Partai Gerindra pun tidak menutup kemungkinan terjadi, karena masih berada dalam satu koalisi.

Namun PKB yang telah melakukan fit and proper test kepada kandidat bupati Djuwarni dan kandidat wakil bupati KH Yazid Mahfudz itu cenderung bekerja sama dengan PAN dan mengunggulkan ketua umumnya, Barli Halim serta tokoh Muhamadiyah yang sekaligus pengusaha, Yahya Fuad.

Sehingga, dari Koalisi Kebumen Beriman sendiri bisa muncul tiga pasangan kandidat, yakni kandidat yang diusung PAN-PKB (13 kursi), Nasdem- PKS-PPP (11 kursi), dan Gerindra- Golkar (12 kursi). Pasangan lain kemungkinan dari PDI Perjuangan, yang hingga kini belum menentukan arah koalisi.

Di partai berlambang banteng dalam lingkaran itu, Djuwarni yang ikut mendaftar sebagai kandidat bupati, harus bersaing dengan kader kawakan, seperti Probo Indartono, Cipto Waluyo, dan belakangan Sunarto. Tidak hanya itu saja, PDI Perjuangan juga harus berkoalisi dengan partai lain, seperti Partai Demokrat atau Partai Hanura.

Menanggapi hal itu, Ketua DPC Partai Demokrat Kebumen Joko Budi Sulistyanto mengaku masih melakukan penjajakan. Namun arah koalisi yang saat ini dibangun Partai Demokrat cenderung mengarah dengan Partai Gerindra, sedangkan Wakil Ketua DPC Partai Hanura Sakur Jaelani mengaku masih melihat perkembangan politik yang ada. “Kami belum memutuskan untuk bergabung ke koalisi mana,” kata Sakur yang asal Desa Tanjungmeru, Kecamatan Kutowinangun, Kebumen itu. (K5-32/ suaramerdeka.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s