Perajin Akik Kebumen Resah Akik Oplosan

Ciri khas akik asal Kebumen atau akik Luk Ulo diantaranya memiliki warna yang cenderung lembut. Sebagian lainnya berwarna gelap.

Ciri khas akik asal Kebumen atau akik Luk Ulo diantaranya memiliki warna yang cenderung lembut. Sebagian lainnya berwarna gelap.

KARANGSAMBUNG – Sejumlah perajin akik Kebumen yang masih memiliki idealisme dalam memproduksi dan menjual akik buatannya, kini mulai mempersoalkan pembuatan dan penjualan akik oplosan di Kebumen tanpa menggunakan kaidah kejujuran.

“Menurut kami yang masih memegang prinsip idealis, ketidakjujuran itu justru merusak kredibilitas akik Kebumen di mata pecinta akik. Seharusnya perajin menjelaskan secara jujur apakah akik yang dibuat dan dijualnya akik asli Kebumen atau bukan. Dengan demikian konsumen mendapatkan informasi yang benar tentang akik yang dibelinya,” ujar Adi, perajin akik di Desa/Kecamatan Karangsambung Kebumen, di rumahnya, Kamis (18/06/2015).

Diungkapkan Adi, istilah akik oplosan yang baru-baru ini merebak di kalangan perajin akik di Kebumen bermula dari banyaknya perajin akik di Kebumen yang tak hanya mengolah batu asal Kebumen, namun juga batu asal luar Kebumen seperti Aceh dan Kalimantan.

“Ironisnya, setelah batu luar Kebumen itu selesai diolah lalu ditawarkan ke konsumen sebagai batu Kebumen. Tentu saja cara seperti itu membohongi konsumen dan merugikan perajin yang idealis seperti kami. Tak adanya pemilahan dalam penyebutan asal-usul akik kepada konsumen itulah yang memunculkan istilah akik oplosan di Kebumen,” jelas Adi.

Sedangkan Pujianto, perajin akik Desa Karangsari Kecamatan/ KabupatenKebumen, menjelaskan bahwa produksi dan penjualan akik oplosan di Kebumen dengan cara tak jujur akan mengaburkan pemahaman masyarakat terhadap asal-usul batu ataupun akik.

Adapun ciri khas akik asal Kebumen atau akik Luk Ulo diantaranya memiliki warna yang cenderung lembut. Sebagian lainnya berwarna gelap. Bahkan, coraknya pun berbeda dibandingkan akik Klawing atau Serayu.Sedangkan akik asal Aceh dan Kalimantan cenderung berwarna cerah. “Kelebihan akik Kebumen adalah berat jenisnya yang tinggi, sehingga sulit pecah bila dibanting secara keras,” jelas Pujianto.(Dwi/ KRjogja.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s