Giliran Gombong Gelar Pameran Batu Akik

Festival batu akik bertajuk “Bhayangkara Kebumen Gemstone Festival 2015” dalam rangka peringatan HUT Bhayangkara Ke-69 berakhir Minggu (14/6).

Festival batu akik bertajuk “Bhayangkara Kebumen Gemstone Festival 2015” dalam rangka peringatan HUT Bhayangkara Ke-69 berakhir Minggu (14/6).

GOMBONG – Para penggemar batu akik dan batu mulia di Kebumen dimanjakan dengan semakin intensifnya pameran batu akik dan batu mulia. Setelah festival batu akik bertajuk “Bhayangkara Kebumen Gemstone Festival 2015” dalam rangka HUT Bhayangkara ke-69 berakhir, Minggu (14/6), pameran batu akik dan batu mulia digelar di Pendopo Kecamatan Gombong.

Pameran yang diselenggarakan Komunitas Batu Gombong itu dibuka mulai Senin (15/6) dan akan berlangsung selama 10 hari hingga Rabu (24/6) mendatang. Pameran yang dibuka Kapolsek Gombong AKP I Komang Sarjana itu diikuti 33 stan Kebumen dan luar kota, seperti Kalimantan, Sumatera, Cilacap, Purbalingga, Yogyakarta dan Purwokerto.

Ketua Panitia Pameran Batu Akik dan Batu Mulia Irawan menyampaikan, pameran itu digelar dalam rangka menumbuhkembangkan ekonomi kerakyatan khusus di Gombong dan pada umumnya Kebumen. Selain itu, melalui pameran ini diharapkan dapat mengangkat batu-batu khas Kebumen.

“Para perajin batu akik berkembang cukup pesat di Kebumen. Tentu melalui pameran menjadi wadah bagi perajin untuk memasarkan produknya,” ujar Irawan di sela-sela acara.

Lelang Batu

Dalam pameran itu, imbuh Irawan dimeriahkan dengan lelang batu akik, hingga kontes batu akik bergambar. Juri kontes didatangkan dari Yogyakarta. Pameran juga akan disemarakkan penampilan penari ular yang akan menghibur pengunjung.

“Kegiatan ini diagendakan dilaksanakan setiap enam bulan sekali dengan lokasi berbeda,” ujar Irawan menyebutkan batu badar besi merah dan kecubung wulung masih yang paling diminati pengunjung pameran.

Adanya pameran batu akik dan batu mulia diapresiasi Budiono (38) perajin batu asal Purwogondo, Kuwarasan, Kebumen. Pria yang telah tiga tahun berbisnis batu akik khas Kebumen itu mengatakan, pameran sangat membantu pemasaran batu khas Kebumen.

“Dengan demikian semakin sering digelar pameran dapat mengembangkan ekonomi rumah tangga,” ujar Budiono mendukung pameran yang digelar dalam waktu yang relatif panjang itu. (J19-32/ suaramerdeka.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s