Syarat Berat, Cabup Independen Sepi

Ketua KPUD Kabupaten Kebumen Paulus Widyantoro. (Photo: Tubasmedia.com)

Ketua KPUD Kabupaten Kebumen Paulus Widyantoro. (Photo: Tubasmedia.com)

KEBUMEN – Hingga hari keempat, belum ada pasangan calon bupati dan wakil bupati (cabup-cawabup) jalur perseorangan atau independen yang menyerahkan berkas dukungan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kebumen. Padahal penyerahan berkas dukungan jalur independen ditenggat selama lima hari mulai tanggal 11 hingga 15 Juni kemarin.

Sesuai tahapan pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati Kebumen, masyarakat yang berniat maju sebagai calon bupati dan wakil bupati dari jalur perseorangan harus menyerahkan berkas dukungan berupa fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) mulai tanggal 11-15 Juni.

Adapun berkas dukungan syarat jumlah minimal dukungan calon perseorangan yang diserahkan yakni sebanyak 6,5 persen x 1.344.158 jiwa penduduk Kabupaten Kebumen. Sehingga jumlah berkas dukungan yang wajib diserahkan ke KPU Kebumen sebanyak 87.371 jiwa.

Dengan ketentuan jumlah dukungan harus tersebar dilebih dari 50 persen jumlah kecamatan di Kabupaten Kebumen, atau di 14 kecamatan. Dokumen dukungan yang diserahkan berupa surat pernyataan dukungan, dengan dilampiri fotokopi identitas kependudukan dan rekapitulasi jumlah dukungan.

Yang dikelompokkan per desa/kelurahan dan bermaterai Rp 6.000. Selanjuutnya, dokumen dukungan disusun dalam tiga rangkap dalam bentuk hardcopy serta dalam bentuk softcopy. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kebumen Paulus Widyantoro mengatakan, penyerahan berkas dukungan jalur independen ditutup pada Senin hari ini (15/6) pukul 16.00.

Hingga Minggu (14/6) kemarin, belum ada pasangan cabup dan cawabup jalur independen yang menyerahkan berkas dukungan. “Belum ada cabup-cawabup jalur independen yang menyerahkan berkas dukungan. Ya kami tunggu hingga Senin,” kata Paulus.

Apabila ada pasangan cabup dan cawabup yang menyerahkan berkas dukungan, kata Paulus, maka KPU akan langsung memverifikasi administrasi. Verifikasi administrasi dilakukan untuk menentukan apakah jumlah berkas dukungan dari masyarakat telah memenuhi syarat atau tidak.

Apabila berkas dukungan dari masyarakat memenuhi syarat maka langsung diserahkan ke panitia pemilihan suara (PPS) di setiap desa/kelurahan. Para anggota PPS akan memverifikasi faktual berkas dukungan itu ke setiap rumah penduduk. Para anggota PPS langsung mencoret apabila ditemukan warga yang tak mendukung cabup dan cawabup jalur independen itu.

“Mereka akan mengecek ke setiap rumah penduduk,” ujarnya.

Lebih lanjut Paulus menjelaskan, pasangan cabup dan cawabup jalur independen yang memenuhi syarat diwajibkan mendaftar ke KPU Kebumen berbarengan dengan cabup dan cawabup yang diusung partai politik (parpol) atau gabungan parpol. Sedangkan, pendaftaran cabup dan cawabup dilakukan pada akhir Juli mendatang. (ori/sus/ Radar Banyumas /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s