Nasabah Gagal Cairkan Tabungan; KJKS BMT Alfasalam Diduga Kolaps

Kantor Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) BMT Alfasalam di Jalan Raya Soka Desa Kedawung, Kecamatan pejagoan, dikirimi karangan bunga duka cita dari anggotanya.

Kantor Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) BMT Alfasalam di Jalan Raya Soka Desa Kedawung, Kecamatan pejagoan, dikirimi karangan bunga duka cita dari anggotanya.

PEJAGOAN – Kantor Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) BMT Alfasalam di Jalan Raya Soka Desa Kedawung, Kecamatan pejagoan, dikirimi karangan bunga duka cita dari anggotanya. Karangan bunga itu bertuliskan turut berduka cita kepada para korban penabung BMT Alfasalam yang tidak dibayar.

Dalam karangan bunga duka cita tersebut tertuliskan nama pengirimnya, Taman Kanak-kanak Mekarsari Kebulusan. Karangan bunga duka cita tersebut sangat mencolok mata karena berukuran besar dan diletakkan di depan pintu masuk BMT. Informasi yang dihimpun, KJKS BMT Alfasalam sudah dua hari tidak membuka kantornya.

Kiriman karangan bunga itu diduga sebagai bentuk protes menyusul anggota koperasi tersebut tidak dapat mencairkan tabungan mereka. Sejak dua hari lalu, sejumlah anggota koperasi syariah tersebut mendatangi kantor yang berada di sebelah barat kantor BRI Unit Pejagoan itu. Namun lagi-lagi kekecewaan mendalam harus dirasakan mereka yang telah menabung sejak beberapa tahun lalu.

Kebanyakan, anggota yang menjadi korban adalah masih anak-anak usia TK hingga SD. Karena memang pihak BMT menawarkan tabungan pendidikan. Ahmad Fauzan, warga Kelurahan Bumirejo, Kecamatan Kebumen yang merupakan salah satu nasabah yang menjadi korban BMT bermasalah tersebut mengakui, dirinya menabung di BMT tersebut sejak 2013 atas nama anaknya yang saat itu masih tercatat sebagai peserta didik di SD Negeri Bumirejo 1.

Namun saat akan menarik tabungannya kemarin kantor BMT tutup. “Kan anak saya sudah selesai sekolah di SD, rencananya mau melanjutkan ke SMP. Ini saya mau ambil untuk tambah-tambah, eh nggak taunya kantornya tutup,” ujar Ahmad Fauzan, saat berada di depan kantor KJKS BMT Alfasalam.

Kekecawaan di wajahnya nampak tidak dapat disembunyikan. Namun, tampaknya dia pasrah dengan kondisi itu. Kepala Bidang Koperasi Dinas Koperasi dan UMKM Kebumen, Agung Supri Haldoko mengatakan, KJKS BMT Alfasalam kolaps karena ulah dari karyawannya yang menyelewengkan dana anggota sebesar Rp 500 juta.

Sebenarnya, kata Agung, BMT tersebut sudah masuk pengawasan khusus langsung dari Dinas Koperasi dan UMKM. “Tapi setiap kami sidak ke kantornya selalu tutup dan ditelepon juga tidak aktif,” kata Agung, Senin (15/6).

Menurutnya, koperasi jasa keuangan syariah ini sudah tidak sehat karena sudah tidak melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT) untuk mempertanggungjawabkan program-program berjalan. RAT terakhir, dilakukan pada 2014 lalu yang merupakan pertanggungjawaban tahun 2015. “Itupun RAT-nya di akhir Mei 2014. Ini sebenarnya juga menandakan ada yang tidak beres dengan koperasi tersebut, karena pelaksanaan RAT mepet diakhir,” ungkapnya.

Pihaknya, Selasa (16/6) ini akan memanggil pengurus, pengawas dan manajer koperasi tersebut untuk dimintai klarifikasi. “Kita minta klarifikasinya, setelah ketahuan pasti penyebabnya. Kita ingin tahu solusinya bagaimana,” tandasnya.

Sebelumnya, sejumlah anggota KJKS BMT Alfasalam tidak dapat menarik tabungan mereka. Uang tabungan puluhan juta milik anggota hingga kini nasibnya masih tak jelas. Pihak BMT seolah lepas tanggungjawab karena sejak beberapa hari lalu tak lagi membuka kantornya. Bahkan keberadaan pengurus juga tak jelas. Seperti uang milik anan didik TK Mekarsari Desa Kebulusan, Kecamatan Pejagoan, sebesar Rp 20,16 juta masih macet di koperasi tersebut. Harusnya, sesuai perjanjian awal, tabungan itu dapat diambil pada akhir tahun pelajaran.

Namun saat sekolah berusaha mengambil hak mereka itu, pihak BMT justru terkesan mempersulit. Nasib serupa juga dialami peserta didik SD Negeru 1 dan 2 Kebulusan. Tabungan siswa SD Negeri 1 Kebulusan sebesar Rp 20 juta, dan SDN 2 sebesar Rp 17 juta, hingga kini tak jelas nasibnya.(ori/ Radar Banyumas /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s