Tiga Tahun, SMP 1 Kebumen Raih 73 Juara Lomba

Medali/ Ilustrasi

Medali/ Ilustrasi

KEBUMEN – Tradisi prestasi SMP 1 Kebumen terus dipertahankan. Hal itu terlihat selama tiga tahun pelajaran, siswa SMP 1 Kebumen berhasil meraih 73 kejuaraan lomba di tingkat nasional, provinsi, Eks-Karesidenan Kedu, dan Kabupaten Kebumen. Kejuaraan itu, di antaranya bidang olahraga sekitar 40-an, bidang seni budaya enam kejuaraan dan selebihnya bidang akademik seperti Olimpiade Sains Nasional (OSN), Lomba Cerdas Cermat (LCC) dan Karya Ilmiah Remaja (KIR) serta pramuka dan PMR.

“Saat ini juga ada beberapa lomba yang masih dipersiapkan di tingkat provinsi sehingga total kejuaraan masih dapat bertambah lagi,” ujar Kepala SMP Kebumen Ari Sulistiyowati SPd MPd saat menyampaikan sambutan pada acara purna widya dan penyerahan kembali siswa kepada orang tua/wali siswa, baru-baru ini.

Ari Sulistiyowati menambahkan, kejuaraan yang berhasil diraih oleh siswa SMP 1 Kebumen meliputi lomba akademik dan non akademik. Hal tersebut sekaligus menunjukkan bahwa selama ini opini masyarakat yang menganggap SMP 1 Kebumen hanya mementingkan akademik saja tidak tepat, karena kenyataannya juga berhasil meraih kejuaraan di bidang non akademik.

“Sungguh tidak mudah untuk mengumpulkan kejuaraan sebanyak itu, tentu semua karena kerja keras siswa dibimbing oleh guru,” lanjutnya.

Pecahkan Rekor

Selain prestasi siswa di bidang akademik dan non akademik, Ari juga menyampaikan prestasi hasil Ujian Nasional. Rata rata hasil UN siswa meningkat dari tahun lalu 34,81 atau dalam ratusan menjadi 348,1. Sedangkan tahun ini dalam ratusan mencapai nilai ratarata 359,15 dengan peraih nilai 100 untuk mata pelajaran Matematika, IPA, dan Bahasa Inggris sebanyak 54 siswa.

Ari juga menyatakan bahwa peringkat UN selama tiga tahun berturut-turut meraih peringkat 10 besar di tingkat provinsi Jawa Tengah, bahkan tahun ini melesat naik ke peringkat ke-6. “Belum pernah SMP1 Kebumen meraih peringkat ke-6. Di usia yang ke-69 berhasil memecahkan rekor meraih peringkat UN ke-6 di tingkat Jateng,” ujar Ari yang juga menjadi kepala sekolah berprestasi tingkat Jateng.

Acara purna widya berlangsung meriah. Selain disajikan berbagai tarian dan musik juga penampilan menarik dari siswa yaitu sendratari Garuda Peksi Kencana. Jumlah siswa kelas IX dalam acara purna widya ada 174 didampingi seluruh orang tua/wali siswa dan disaksikan oleh seluruh guru/karyawan, siswa kelas VII dan VIII, dan tamu undangan.(J19-52/ suaramerdeka.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s