Dibutuhkan Figur Cabup Berkualitas

Ilustrasi

Ilustrasi

KEBUMEN – Mendekati masa pendaftaran Pilkada Kebumen 2015, belum muncul figur berkualitas dan memiliki kapasitas memetakan potensi daerah. Padahal potensi Kebumen amat terbatas dan berada di jalur lintas selatan Jateng. Kekhawatiran itu diungkapkan tokoh LSM Forum Masyarakat Sipil (Formasi) Kebumen Yusuf Murtiono dan Penasihat Lembaga Swadaya Umat Bina Insani Gombong Ustad Yunus Anies yang dihubungi secara terpisah, Minggu, menanggapi makin dekatnya pendaftaran bakal calon bupati (cabup) ke KPUD Kebumen.

Menurut Yusuf Murtiono, lima tahun mendatang merupakan tugas berat bagi siapa pun kepala daerah di Kebumen. Mengingat masih tingginya angka kemiskinan, buruhknya infrastruktur yang menjadi akses ekonomi ke pedesaan dan lambannya kinerja birokrasi pemerintah.

“Jujur sampai saat ini saya nilai belum muncul figur berkualitas,” jelas aktivis perencanaan anggaran berbasis pedesaan itu.

Dia menegaskan, sebenarnya di Kebumen banyak tokoh kapabel. Namun mereka yang memiliki kapasitas itu, tidak didukung modal kapital. Akibatnya tak berani maju di pilkada, baik lewat jalur partai politik maupun independen. Celakanya, partai politik sangat pragmatis dan cenderung melirik figur yang bermodal kuat.

Pendidikan Politik

Yusuf mengharapkan partai politik di daerah segera melakukan evaluasi. Semestinya sejak awal mampu melakukan agregasi dan pendidikan politik agar setiap lima tahun melahirkan kader berbobot untuk calon pimpinan daerah maupun legislatif.

“Kepada Kawan-kawan ormas keagamaan, saya juga mendorong mulai sekarang melakukan seleksi dan kaderisasi. Sebab banyak tokoh ormas keagamaan yang berkulitas, namun tak berani muncul karena tidak cukup percaya diri lantaran merasa tak punya uang banyak,” tandas dia.

Sedangkan Yunus Anies yang banyak bergerak di bidang dakwah dan pendidikan di pedesaan menilai, minimnya kader berkualitas di bursa Pilkada Kebumen akibat praktik demokrasi yang mengarah kapital liberal. Akibatnya, partai politik di daerah pun hanya mencari kader yang berduit dan mengabaikan figur berbobot dan kapabel. (B3-32/ suaramerdeka.com  /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s