Bibit Tembakau Triwarno Daya Tumbuhnya Tinggi

Ilustrasi/ Dok KRjogja.com

Ilustrasi/ Dok KRjogja.com

KUTOWINANGUN – Bibit tembakau dari Desa Triwarno, Kecamatan Kutowinangun, Kabupaten Kebumen, banyak diminati petani tembakau. Tidak hanya harganya yang relatif lebih murah, namun juga karena daya tumbuhnya yang tinggi. Di Desa Triwarno, penyemaian benih tembakau memanfaatkan lahan sawah yang dibuat bedengan. Persemaian mulai dilakukan dua bulan yang lalu. Sekarang, saat memasuki musim kemarau, benih sudah menjadi bibit yang siap dijual.

Lalu apa rahasianya bibit tembakau dari Desa Triwarno memiliki daya tumbuh yang tinggi? Romelah (50) salah satu pembuat bibit tembakau di Desa Triwarno membuka rahasianya yang ternyata sangat sederhana.

“Tidak menggunakan pupuk buatan. Pemupukan cukup dengan pupuk kandang. Kalau benih dipupuk dengan pupuk buatan, memang pertumbuhannya lebih cepat dengan daun yang lebar. Namun mudah mati jika kemudian ditanam di lahan,” jelas Romelah, Senin (15/6/2015).

Dari lahan yang tidak begitu luas, Romelah masih memiliki sekitar 10.000 bibit yang siap jual. “Harganya perseribu bibit Rp 100.000,” ujar Romelah yang sebelumnya sudah menjual ribuan bibit tembakau kepada petani yang datang dari berbagai daerah pegunungan di Kabupaten Kebumen. (Suk/ KRjogja.com /LintasKebumen¬©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s