Belum Ada Kandidat ”Nyanthol’’ di Parpol

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

KEBUMEN – Hingga kini belum ada kandidat yang nyanthol untuk diusung partai politik dalam menghadapi Pilbup 9 Desember mendatang. Terlebih kandidat yang mendaftar di sejumlah partai politik itu, tidak ada yang berpasangan. Padahal partai politiik di kabupaten berslogan Beriman ini, tidak ada yang bisa mengusung calon sendiri.

Sehingga, partai politik (parpol) masih disibukkan mencari figur untuk diselaraskan dengan partai lain yang akan diajak berkoalisi. Seperti yang dilakukan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kebumen. Partai berlambang bola bumi berbintang sembilan itu terdapat dua kandidat yang telah mengikuti fit and proper test yakni KH Yazid Mahfudz dan Djuwarni.

Kendati masing-masing mengambil posisi sebagai kandidat wakil bupati dan bupati, namun dalam proses penjaringan dan penyaringan PKB, dua bakal calon itu tidak dipasangkan. Terlebih, Djuwarni yang wakil bupati itu juga mendaftar di sejumlah partai politik lain, di antaranya PDI Perjuangan, Partai Gerindra, dan Nasdem. Sementara PDI Perjuangan, Partai Gerindra, dan Partai Nasdem terdapat kandidat selain Djuwarni.

Bahkan belakangan di PDI Perjuangan muncul nama Cipto Waluyo yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kebumen dan Ketua DPRD Kabupaten Kebumen. Sebelumnya sudah ada Probo Indartono, Sunarto, Bambang Widodo, Wahjoe Boedi Oetomo, dan Margunanto. Di Partai Gerindra terdapat Darori Wonodipuro, Khayub Muhamad Lutfi, dan Daryadi. Sedangkan di Partai Nasdem ada Tunggul Jaluaji.

Jadi Kunci

Sejumlah kandidat yang mulai memasang baliho dan spanduk di sudut-sudut jalan hingga pelosok desa pun belum ada yang memiliki kepastian akan diusung partai mana. Bahkan belum ada kejelasan terkait bisa tidaknya kandidat bersangkutan akan maju Pilbup mendatang.

“Masing-masing partai politiik masih mencari figur yang tepat untuk kemudian disodorkan ke partai koalisi dan dibahas secara bersama-sama,” kata Koordinator Desk Pilkada DPC PKB Kabupaten Kebumen Jenu Arifiadi yang dihubungi lewat ponsel di sela-sela kuliah di Purwokerto, kemarin.

PKB tergabung dalam Koalisi Kebumen Beriman (KKB) bersama PAN, Partai Gerindra, Nasdem, Partai Golkar, PPP, dan PKS. (K5-32/ suaramerdeka.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s