Maling Ayam Tertangkap Warga; Simulasi Lomba Siskamling

Pos Siskamling/ Ilustrasi

Pos Siskamling/ Ilustrasi

KEBUMEN – Warga RT 5 RW 2 Kelurahan Tamanwianagun Kecamatan/Kabupaten Kebumen dikejutkan dengan suara teriakan ada maling. Warga yang kemudian terbangun pun berhamburan ke luar rumah. Mereka bergabung dengan petugas siskamling yang diketahui menangkap maling ayam itu.

Simulasi lomba siskamling yang digelar pihak kelurahan setempat dan Polres Kebumen tersebut menarik perhatian warga setempat, baru-baru ini. Pelaku yang bernama Andi (35) itu langsung ditangkap. Ia yang mencuri ayam milik Slamet warga RT 5 RW 2, Kelurahan Tamanwinangun itu kemudian diserahkan kepada petugas.

Atas kejadian tersebut, kepala lingkungan Kelurahan Tamanwinangun Turmudzi menghubungi Babinkamtibmas Kelurahan Tamanwinangun Aiptu Riyanto melalui ponselnya. Tak lama kemudian, Aiptu Riyanto datang ke lokasi untuk mengamankan situasi. Pelaku pencurian lantas dibawa ke rumah mitra polisi.

Di tempat tersebut Andi mengaku, terpaksa mencuri ayam karena membutuhkan dana untuk membayar biaya sekolah anaknya. Mengetahui alasan tersebut, Slamet selaku korban merasa iba dan meminta untuk membebaskan pelaku dari tindakan hukum dengan cara menandatangani surat kesepakatan bersama (SKB) yang disaksikan oleh pihak terkait.

‘’Itu tadi simulasi penangkapan pencuri ayam dalam penilaian lomba Siskamling,’’ kata Kasi Ketentraman dan Ketertiban (Tramtib) Kelurahan Tamanwinangun Hasan Lutfy Alatas.

Ronda Malam

Lebih lanjut, sesuai saran Kapolres Kebumen, untuk masalah kecil seharusnya bisa diselesaiakan di tingkat desa. Pada simulasi kali ini sang pencuri diampuni dan diminta menandatangani SKB. Warga di Kelurahan Tamanwinangun antusias dan selama tiga tahun ini selalu melaksanakan ronda setiap malam.

Mereka pun siap menjadi mitra polisi. Lurah Tamanwinangun Titi Mulyati mengemukakan, masyarakat sangat mendukung dengan adanya lomba Siskamling tersebut. Menurutnya, di RW 2 terdapat lima RT yang semuanya aktif dalam melaksanakan ronda malam.

Selain itu’, juga ada jimpitan atau sumbangan harian yang diambil oleh petugas ronda. Sementara itu, Kapolres Kebumen AKBP Faizal melalui Kasat Bimas AKP Tamzil mengemukakan, bantuan serta peran masyarakat sipil sangat dibutuhkan dalam membantu tugas polisi. (K5-42/ Suaramerdeka.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s