SMP 2 Ayah Sabet 37 Medali

Medali/ Ilustrasi

Medali/ Ilustrasi

AYAH – Menyadari lokasi SMP 2 Ayah Kebumen di pinggiran, pihak pengelola sekolah setempat menggunakan cara tersendiri agar prestasinya tetap menonjol. Terbukti, sekolah yang dikepalai Sukarmi itu mampu menyabet sebanyak 37 medali dalam sejumlah lomba selama setahun terakhir, baik tingkat kabupaten maupun Jateng.

Bahkan, tiga siswa yang mengikuti lomba voli di Magelang menjadi atlet andalan untuk main di Jateng, yakni Een Febrianti, Normalisa dan Toyib Nur Ridwan. Mereka akan berangkat pada 14 Juni mendatang di GOR Jatidiri Semarang. Saat perpisahan siswa kelas IX SMP 2 Ayah Rabu (10/6), anak didik yang telah menorehkan prestasi itu disebut satu per satu. Wali siswa yang mengikuti kegiatan itu pun tampak tertegun.

Pasalnya, sederet prestasi yang telah diraih anak didik SMP 2 Ayah itu tak habis-habisnya disebutkan lewat pengeras suara. Sesekali, sebanyak 153 anak yang lulus 100 persen itu bersorak girang saat temannya ikut disebutkan dalam daftar siswa berprestasi tersebut. Tidak hanya tiga besar peraih nilai ujian nasional (UN) tertinggi, yakni Erina Yumiatun, Khomis Rokhiman, dan Dian Puspayanti, tetapi juga prestasi nonakademik.

Kesan Mendalam

Kepala SMP 2 Ayah Sukarmi mengaku bangga atas perolehan prestasi anak didiknya. Selama ini voli menjadi ikon SMP 2 Ayah. “Dan kami sadar sebagai sekolah yang berada di pinggiran tak mudah menonjolkan prestasi akademik,” katanya.

Berbagai even lomba voli yang diikuti siswa SMP 2 Ayah pun selalu mendapat juara. Mereka berlatih rutin tiga kali seminggu di sekolah. Untuk voli putra dilatih Mustaqim Abibola, sedangkan voli putri dilatih Sudarso. Di luar itu berlatih di klubnya masingmasing. Prestasi lain, yakni tinju yang mengundang pelatih dari luar, silat, dan atletik.

Bahkan barubaru ini siswa setempat meraih juara satu lomba mengarang tingkat kabupaten. Ketua panitia perpisahan siswa kelas IX SMP 2 Ayah Bambang Wijayatmoko mengemukakan, kegiatan ini menampilkan pentas seni dan cabang olahraga yang ditonjolkan di sekolah setempat.

Pentas seni yang ditampilkan antara lain tari, band, dan drama. Penampilan dari siswa SMP 2 Ayah itu memukau hadirin. Untuk cabang olahraga antara lain voli dan silat. “Acaranya sangat meriah dan meninggalkan kesan mendalam,” kata Bambang. (K5-32/ Suaramerdeka.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s