Jadi Siswa Madrasah Harus Bangga

Siswa Madrasah/ Ilustrasi

Siswa Madrasah/ Ilustrasi

KEBUMEN – Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kebumen, Miftahul Ulum, menandaskan, menjadi siswa madrasah harus bangga. Terlebih di kabupaten berslogan Beriman ini. “Madrasah adalah sekolah dengan ciri khas Islam. Madrasah memiliki peran yang signifikan dalam kemajuan pendidikan di Indonesia, khususnya di Kabupaten Kebumen,” kata Miftah saat pelepasan siswa kelas IX MTs 1 Kebumen, Rabu (10/6).

Miftahul Ulum yang juga Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Kebumen itu pun mengapresiasi prestasi luar biasa yang dicapai MTs 1 Kebumen. Bagaimana tidak. Ada 109 siswa yang mendapat nilai 100 pada ujian nasional (UN) tahun ini.

Jumlah tersebut terbanyak di Kebumen. Sehingga, Miftah yang Ketua Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Kebumen itu berharap tidak ada diskriminasi antara madrasah dengan sekolah umum. Hal senada juga disampaikan Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Kebumen M Priyono yang mewakili Bupati Kebumen Buyar Winarso.

Pihaknya bahkan berjanji akan memberi kesempatan yang sama kepada madrasah untuk dapat mengikuti kompetisi antar pelajar. “Pemerintah akan memperlakukan madrasah sama dengan sekolah,” katanya.

Terbaik

Terbukti, perolehan nilai UN siswa MTs 1 Kebumen merupakan terbaik di Jawa Tengah. Begitu pula nilai UAMBN, di mana MTs 1 Kebumen meraih peringkat pertama di tingkat Kedu. Selain itu, pada ajang Aksioma tingkat Jawa Tengah, Zulfadil Anhari, siswa Full Day School (FDS) meraih juara 1 pada cabang MTQ dan akan diberangkatkan ke Palembang pada Agustus mendatang. Sedangkan Nurul Kamelia Setia Budi dan Fahmi Malik Namus Akbar mendapat Juara 2 dalam pidato Bahasa Arab putra dan putri.

Pada kesempatan itu, Kepala MTs 1 Kebumen Moh Iskandar memberikan penghargaan kepada para peraih nilai 100, peringkat 10 besar, dan siswa yang berprestasi lainnya. Selain melepas siswa, pada kesempatan itu juga dilakukan prosesi wisuda khatmil quran. Ada sebanyak 240 siswa dari 262 anak yang berhasil menghafal Alquran juz 30 dan beberapa surat pilihan. Kegiatan tahfidzul quran itu merupakan salah satu program unggulan di MTs 1 Kebumen. (K5-52/ Suaramerdeka.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s