Operasi Pekat Diminta Digencarkan

Miras/ Ilustrasi

Miras/ Ilustrasi

ALIAN – Untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat serta menghormati datangnya Ramadan, jajaran Polres Kebumen diminta menggencarkan operasi penyakit masyarakat (Pekat). Pasalnya, Ramadan merupakan bulan suci, di mana selama bulan tersebut umat Islam melaksankaan ibadah puasa dan berlomba meningkatkan amal kebaikan dan ibadah.

”Dengan adanya operasi Pekat, diharapkan juga akan mengurangi angka kriminal. Dan pihak berwajib diminta tidak tebang pilih dalam menggelar operasi tersebut,” kata Ketua Majelis Wakil Cabang (MWC) NU Kecamatan Alian KH Sufyan Al-Hasani di kediamannya Desa Jatimulyo Kecamatan Alian, Kebumen.

Menurut dia, penyebab awal tindakan kriminal biasanya, karena minuman keras (miras). Dengan demikian, pihak kepolisian dapat menelusuri masuknya miras ilegal di Kebumen. Selain itu, miras lokal (oplosan) juga sangat berbahaya. Mengingat proses pembuatannya sangat tidak memperhatikan risiko yang akan dihadapi konsumen.

Minuman itu justru lebih banyak dikomsumsi masyarakat kelas bawah dan pemuda jalanan. ”Sudah banyak orang yang meninggal karena meminum oplosan,” tandasnya. Pihaknya pun mendukung operasi Pekat itu lebih diintensifkan. Bahkan bila perlu dilakukan sweeping setiap hari.

Tempat Maksiat

Terpisah, Kapolres Kebumen AKBP Faizal melalui Kasat Sabhara AKP Krida Risanto memastikan akan melaksanakan operasi Pekat menjelang Ramadan. Operasi itu digelar guna menciptakan suasana yang kondusif di Kebumen. Mengenai kapan pelaksanaanya, dari pihak kepolisian sendiri tidak mau memberitahukannya. Namun yang jelas, operasi akan dilaksanakan sebelum memasuki Puasa.

”Harapannya agar masyarakat dapat melaksanakan ibadah puasa dengan sempurna,” tegasnya.

Krida mengatakan, sasaran utama razia tersebut, yakni lokasi yang terindikasi menjadi tempat maksiat. Targetnya selain miras, narkoba, juga prostitusi, judi, tempat hiburan malam, dan balap liar serta penertiban penjualan petasan. Selain operasi Pekat, Polres Kebumen juga melakukan operasi di jalan raya dalam program Operasi Ketupat Candi 2015. (K5-32/ Suaramerdeka.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s