Dosen Khon Kaen University Isi Kuliah Umum

Stikes Muhammadiyah Gombong

Stikes Muhammadiyah Gombong

GOMBONG – Kepala Departemen Ilmu Keperawatan Dewasa Khon Kaen University, Thailand Assist, Prof Chatkhane Pearkao RN PhD mengisi kuliah umum di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Muhammadiyah Gombong. Kuliah umum tersebut berlangsung selama dua hari di aula kampus setempat, Jumat-Sabtu (5-6/6) lalu. Pada hari pertama, kuliah umum diikuti mahasiswa Program Studi (Prodi) S-1 Keperawatan dengan jumlah 80 mahasiswa. Sedangkan hari kedua diikuti 80 mahasiswa Prodi D-3 Keperawatan.

“Maksud dan tujuan kegiatan ini agar mahasiswa mendapatkan kesempatan bertemu langsung dan berdiskusi dengan pakar di bidangnya mengenai keperawatan gawat darurat khususnya penanganan kasus trauma dada dan manajemen nyeri,” ujar Ketua Pelaksana Kegiatan, Sawiji SKep Ns MSc, di sela-sela acara.

Ketua Stikes Muhammadiyah Gombong, M Madkhan Anis SKep Ns mengatakan, kedatangan dosen tamu dari Thailand itu merupakan bentuk tindak lanjut kerja sama dengan Khon Kaen University of Thailand di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Kerja sama itu direalisasikan dengan program pertukaran mahasiswa, pertukaran dosen dan pertukaran staf karyawan.

Gawat Darurat

“Ini kali ketiga dosen Thailand mengisi kuliah di Stikes Gombong. Begitu juga sebaliknya, dosen Stikes Gombong mengisi kuliah di Khon Kaen University Thailand,” ujar Madkhan Anis menambahkan Stikes Muhammadiyah Gombong selalu berkomitmen mewujudkan visi lembaga yaitu menjadi lembaga pendidikan kesehatan yang unggul, modern dan Islami dengan program-program unggulan.

Sementara itu, Assist Prof Chatkhane Pearkao pada hari pertama menyampaikan materi terkait keperawatan gawat darurat dan keperawatan trauma dada. Pada hari kedua menyampaikan materi manajemen trauma dalam keperawatan dan teori nyeri dalam keperawatan.

Kuliah umum kali ini disampaikan dengan metode ceramah dan tanya jawab sehingga mahasiswa tidak hanya mendengarkan materi secara sepihak akan tetapi mahasiswa dapat bertanya dan sharing seputar ilmu keperawatan yang diterapkan di Thailand dan di Indonesia.

Selain menjadi dosen tamu, Assist Prof Chatkhane juga dikenalkan pariwisata di Kebumen dengan berkunjung ke beberapa objek wisata andalan di Kebumen, yaitu Pantai Menganti dan Gua Jatijajar. Menurut salah satu peserta kuliah umum, Woro Aisyah, kegiatan itu sangat penting karena selain melatih mahasiswa berkomunikasi dengan bahasa asing juga berguna membekali mahasiswa dengan ilmu keperawatan modern.

“Kami berharap untuk ke depannya Stikes Gombong tidak hanya mendatangkan dosen dari Asia Tenggara khususnya akan tetapi dari dosen-dosen luar Asia,” ujarnya.(J19-52/ Suaramerdeka.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s