Panen Tebu, Petani Harap Harga Membaik

Ilustrasi/ dok

Ilustrasi/ dok

MIRIT – Ditengah tingginya harga gula pasir di pasaran, petani tebu Kebumen memulai musim panen tebu pertama di tahun 2015.  Dengan tingginya harga gula pasir tersebut petani mengharapkan pabrik  gula bisa menghargai tebu mereka sesuai dengan harga gula pasir  dipasaran saat ini.

“Berdasarkan pengamatan kami, saat ini harga gula pasir di pasaran   mencapai Rp 12 ribu sampai Rp 13 ribu per kilogram. Dengan harga yang  tinggi itu dalam musim panen kali ini kami berharap pabrik gula bisa  memberikan harga yang sesuai dengan harga pasar tersebut,” ujar Bagus  Wirawan SH, petani tebu Desa Lembupurwo  Kecamatan Mirit  Kebumen, di  lahan tebunya, Senin (08/06/2015).

Bagus yang juga Kepala Desa Lembupurwo tersebut berharap agar pengalaman  petani tebu  di musim panen tahun 2014 lalu yang mendapatkan harga rendah  dari pabrik gula, yaitu hanya Rp 8 ribu/kilogram, tidak terulang kembali.

“Apalagi kondisi cuaca sepanjang Mei 2015 yang amat mendukung kualitas  tanaman tebu, pabrik tebu diharapkan bisa bijaksana dalam menghargai tebu  kami dan transparan dalam masalah penentuan rendemen dan jumlah produksi  gula. Apalagi dalam musim tanam mendatang petani tebu Mirit dan Ambal  sudah mulai bersemangat lagi untuk memperluas areal tanaman tebu,”ujar  Bagus. (Dwi/ KRjogja.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s