Irigasi di Ranterejo Ditopang Pompa Air

Petani mengambil air sungai untuk mengairi sawah/ Ilustrasi

Petani mengambil air sungai untuk mengairi sawah/ Ilustrasi

KLIRONG – Irigasi di Desa Ranterejo, Kecamatan Klirong, Kebumen setiap musim tanam (MT) dua terkendala lantaran posisi sawah lebih tinggi dari sungai. Untuk mengatasi kesulitan itu, pihak terkait memberikan bantuan berupa pompa air untuk keperluan irigasi.

Bantuan dari program Pengembangan Jaringan Air Permukaan (JIAP) itu diharapkan dapat mengoptimalkan panen saat kemarau tersebut. Menurut Kepala Desa Ranterejo Mohamad Mukhlasin, pompa air tersebut mampu menyuplai air sebanyak 40 meter kubik permenit. Menyusul adanya bantuan itu, dibangun rumah pompa di RT 3 RW 1 desa setempat. Pompa tersebut mengambil air dari Sungai Luk Ulo dan disalurkan ke sawah yang berjarak 288 meter dengan menggunakan sistem pipanisasi.

Curah Hujan

“Saat ini pembangunan rumah pompa air tersebut sudah 60 persen,” kata Mukhlasin sembari menambahkan, pembangunan ditargetkan selesai pada 2 Juli mendatang.

Dijelaskannya, di Desa Ranterejo terdapat 100 hektare sawah yang selalu mengalami kekurangan air pada musim tanam (MT) 2. Dan menjelang panen nanti diperkirakan curah hujan sudah berkurang, seiring datangnya kemarau. Sehingga keberadaan pompa air itu dapat membantu pengairan sedikitnya 100 hektere sawah.

Bahkan menurut perkiraan, pompa air tersebut tidak hanya akan bermanfaat untuk sawah di Desa Ranterejo saja, melainkan juga membantu sawah Desa Jerukagung Kecamatan Klirong. Karena posisi sawah di kedua desa tersebut, letaknya berdekatan.  Sedangkan untuk biaya operasional dan perawatan pompa akan dilakukan dengan cara swadaya. “Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah melalui Dinas Pertanian dan peternakan yang sudah memberikan bantuan ini,” terangnya. (K5-32/ Suaramerdeka.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s