18 Personel Ikuti Diksar Kokam di Purbalingga

Lambang Kokam/ Ilustrasi

Lambang Kokam/ Ilustrasi

KEBUMEN – Sebanyak 18 personel mengikuti Pendidikan Dasar (Diksar) Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (Kokam) di Purbalingga. Di bawah komando Eko Setiyobudi, selaku Kabid Kokam dan SAR Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kebumen, para personel yang berpakaian ala militer itu berangkat menuju Gedung Dakwah Muhammadiiyah Pengadegan, Purbalingga, tempat pelaksanaan kegiatan tersebut.

Mereka mengikuti latihan Diksar Kokam selama tiga hari dalam sepekan kemarin. “Banyak hal yang didapat selama mengikuti Diksar, mulai dari pelatihan ketangkasan fisik, PBB, SAR, beladiri dasar, lalu lintas, Kemuhammadiyahan dan kepemimpinan,” katanya.

Untuk materi ketangkasan baris berbaris dan beladiri, lanjut Eko, langsung dipandu anggota TNI AD. Adapun pelatihan lalu lintas dipandu Anggota Polsek Pengadegan. “Materi yang diberikan sangat bermanfaat. Terutama peserta dari Kebumen yang baru kali pertama mengikuti Diksar pada periode kepengurusan PDPM yang baru ini,” imbuhnya.

Untuk diketahui, baru-baru ini dilaksanakan pergantian pengurus PDPM melalui Musyawarah Daerah (Musda). Terpilih Hasan Bayuni sebagai ketua umum PDPM Kebumen. Hasan Bayuni dalam beberapa kesempatan selalu mendorong perkembangan Kokam di kabupaten berslogan Beriman ini.

Rakorwil Kokam

Usai mengikuti Diksar Kokam di Purbalingga, Eko Setiyobudi dan Jaelani, salah satu peserta Kokam asal Kebumen, langsung berangkat ke Klaten untuk mengikuti Rakorwil Kokam Jateng. Jaelani mendapat amanah sebagai komandan IT dan Komunikasi Kokam Jateng.

Dikatakan Eko, anggota Kokam dituntut cakap dan tangkas dalam segala hal yang berkaitan dengan search and rescue (SAR), pengamanan, serta penertiban, baik yang nantinya digunakan untuk kegiatan Muhammadiyah maupun dibutuhkan bangsa dan negara. Misalnya, membantu korban bencana alam.

Lebih lanjut, Kokam Kebumen berusaha bangkit dari kevakuman selama bertahun-tahun. Sebagai gerakan terdepan Angkatan Muda Muhammadiyah, Kokam diharapkan mampu menjadi barisan depan dalam segala hal. Kokam sendiri bersemboyan Perkasa yang memiliki akronim “Pertahanan Kalimat Syahadat” dengan logo tertempel di lengan kanan, sehingga siapa saja yang masuk pada keanggotaan Kokam harus mampu menjalankan amanah menjaga keutuhan kalimat syahadat tersebut.

“Agenda ke depan, Kokam Kebumen akan segera membuka pendaftaran anggota baru dan melaksanakan Diksar di Kebumen,” tutur Eko sembari menambahkan, Kokam Kebumen akan dikelola secara profesional. (K5-32/ Suaramerdeka.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s