Indahnya Belasan Spesies Kupu-kupu di Alian Butterfly Park

Taman kupu-kupu yang didirikan atas prakarsa tokoh masyarakat setempat, Dr Bambang Gunawan SpOG itu saat ini telah memiliki lebih dari 14 spesies kupu-kupu.

Taman kupu-kupu yang didirikan atas prakarsa tokoh masyarakat setempat, Dr Bambang Gunawan SpOG itu saat ini telah memiliki lebih dari 14 spesies kupu-kupu.

ALIAN  – Alian Butterfly Park (AB-Park) menyediakan beraneka jenis kupu-kupu yang dapat dilihat dan dinikmati keindahannya sekaligus dapat sebagai pembelajaran bagi para siswa untuk menambah pengetahuannya. Di taman yang berada tepat di depan Pemandian Air Panas (PAP) Krakal, Kecamatan Alian itu, pengunjung dapat menikmati cantiknya kupu-kupu. Selain bisa menikmati indahnya ratusan kupu-kupu yang beterbangan dan hinggap di pepohonan, pengunjung juga bisa melihat bagian dari proses metamorfosa kupu-kupu.

Taman kupu-kupu yang didirikan atas prakarsa tokoh masyarakat setempat, Dr Bambang Gunawan SpOG itu saat ini telah memiliki lebih dari 14 spesies kupu-kupu. Daya tarik utama yang ditawarkan oleh Alian Butterfly Park adalah keindahan corak sayap kupu-kupu. Keindahan ini tidak hanya didominasi oleh beberapa spesies kupu-kupu melainkan oleh ratusan bahkan ribuan spesies.

Saat ini Alian Butterfly Park mempertontonkan keindahan belasan jenis kupu-kupu lokal Kebumen, yaitu troides helena, papilio memnon, P demoleus, P polytes, graphium agamemnon, G sarpedon, dolleschalia bisaltide, acraea violae, danaus chrysippus, hypolimnas bolina dan pachliopta aristolochiae. Selain itu juga akan menampilkan salah satu jenis ngengat terbesar, yaitu kupu gajah (attacus atlas).

Di seluruh wilayah Kabupaten Kebumen diperkirakan terdapat lebih dari 125 jenis kupu-kupu. Perkiraan ini didasarkan pada hasil identifikasi yang dilakukan oleh Tim Alian Butterfly Park. Dari lima lokasi survei potensi keragaman kupu-kupu teridentifikasi sebanyak 125 jenis.

Survai tersebut masih belum menyentuh lokasi-lokasi yang berada di ekosistem pegunungan Serayu Selatan di bagian utara wilayah Kebumen. Diantara jenis kupu-kupu yang teridentifikasi beberapa memiliki nilai ekonomi, seperti troides helena, losaria coon, papilio memnon, P polytes, P demoleus, graphium agamemnon, G sarpedon dan pachliopta aristolochiae. (ori/ Kebumen Ekspres)

Namun bagi anda yang ingin melihatnya harus sabar menunggu. Pasalnya taman kupu-kupu pertama di Kabupaten Kebumen ini baru akan diresmikan pada tangal 11 Juni 2015 nanti. Serta akan dibuka untuk umum mulai 1 Juli 2015 mendatang atau menjelang masa liburan Hari Raya Idul Fitri. (LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s