Mantan Kades Ayamputih Ditahan

Ilustrasi

Ilustrasi

BULUSPESANTREN – Ibarat jatuh tertimpa tangga. Itulah ibarat nasib yang menimpa mantan Kepala Desa Ayamputih, Kecamatan Buluspesantren, Kebumen Suyanto. Setelah diberhentikan dari jabatannya oleh Bupati Kebumen Buyar Winarso, menyusul pengajuan pengunduran diri akibat berseteru dengan warganya sendiri, kini dia harus berurusan dengan aparat kepolisian. Gonder, begitu nama populernya ditahan di Mapolres Kebumen sejak Sabtu (23/5) lalu.

Penahanan mantan kades itu terkait kasus digadaikannya sepeda motor dinas kepala desa sewaktu dia masih menjabat. Sejak 27 April lalu, sepeda motor Yamaha Vega Nopol AA-9750- RD itu telah diamankan di Mapolres Kebumen dari seorang bernama Mujiono warga Kecamatan Ambal untuk dijadikan barang bukti.

Tidak Disukai

“Tersangka dijerat dengan pasal 374 KUHP tentang penggelapan, karena pekerjaan atau jabatannya dengan ancaman hukum lima tahun penjara,” ujar Kapolres Kebumen AKBP Faizal melalui Kasat Reskrim AKP Willy Budiyanto kepada Suara Merdeka, Rabu (3/6).

Informasi yang dihimpun, kasus itu bermula saat Gonder terlilit utang dengan seorang bernama Wantoro warga Buluspesantren. Lantaran saat ditagih tidak memiliki uang, maka sepeda motor dinas kepala desa itu akhirnya digadaikan senilai Rp 2,5 juta. “Kami juga telah memanggil Wantoro, tetapi sampai sekarang yang bersangkutan tidak kooperatif,” imbuh Willy Budiyanto.

Sebelumnya, Gonder resmi tidak menjadi kades setelah surat keputusan bupati terkait pemberhentian dirinya dari jabatan sebagai Kepala Desa Ayamputih diserahkan oleh Asisten I Sekda Bidang Pemerintahan, Mahmud Fauzi di balai desa setempat, Kamis (7/5).

Tetapi saat acara mulai hingga selesai yang bersangkutan tidak terlihat hadir. Sebelumnya, warga menuntut agar Gonder dicopot dari jabatan kepala desa. Pasalnya ketika menjabat sebagai kades yang bersangkutan dinilai sering membuat resah warganya sendiri. Gonder tidak disukai warganya, selain karena sering mengancam dan mengintimidasi, tidak jarang main tangan kepada warganya. (J19-32/ Suaramerdeka.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s