PKB Gelar Uji Kelayakan dan Kepatutan

PKB Gelar Uji Kelayakan dan Kepatutan/ Ilustrasi

PKB Gelar Uji Kelayakan dan Kepatutan/ Ilustrasi

KEBUMEN – PKB menggelar uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) bakal calon bupati dan wakil bupati di Kantor DPC PKB Jalan Kutoarjo, Kebumen, Selasa (2/6). Dari sejumlah kandidat yang mendaftar di partai berlambang bola bumi berbintang sembilan tersebut, ternyata hanya dua yang mengikuti fit and proper test.

Masing-masing yakni Wakil Bupati Djuwarni yang mengambil posisi calon bupati dan KH Yazid Mahfudz kandidat wakil bupati. Masing-masing kandidat itu memaparkan visi dan misinya di hadapan tim penguji yang terdiri atas Kholidi Ibhar, Sri Hari Susanti, Miftahul Ulum, dan Jenu Arifiadi.

Djuwarni mendapatkan giliran pertama mulai pukul 09.00 -10.00. Selanjutnya KH Yazid Mahfud mulai pukul 10.00-12.00. Jenu Arifiadi yang juga koordinator Desk Pilkada DPC PKB Kabupaten Kebumen mengemukakan, fit and proper test ini bagian dari tahapan yang harus dijalani oleh bakal calon yang mendaftar di PKB. Adapun hasil penilaian dari tim penguji tersebut akan disampaikan kepada DPP PKB untuk ditindaklanjuti ke tahap berikutnya.

Dijawab Lugas

‘’Fit and proper test ini menjadi salah satu pertimbangan DPP untuk mengeluarkan rekomendasi kepada kandidat,” jelasnya. Menanggapi ketidakhadiran sejumlah kandidat, Jenu mengatakan, itu hak dari masing-masing kandidat bersangkutan.

‘’Mungkin mereka punya pertimbangan lain, sehingga tidak hadir,’’ kata Jenu yang mengaku sudah melayangkan undangan kepada para kandidat yang sudah menyerahkan berkas ke Kantor DPC PKB itu.

Sri Hari Susanti, salah satu tim penguji mengatakan, pada umumnya masing-masing kandidat yang mengikuti fit and proper test itu memiliki kualitas dan wawasan yang bagus. Seluruh pertanyaan yang disampaikan oleh masing-masing tim penguji itu pun dijawab lugas oleh masing-masing kandidat.

Materi yang ditanyakan kepada Djuwarni dan KH Yazid Mahfudz yakni terkait visi misi, integritas, komitmen, intelektualitas, dan skill manajerial. ‘’Selain itu juga ada materi tentang ke-NU-an dan PKB,’’ imbuhnya. (K5-42/ Suaramerdeka.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s