Kebumen Peringkat IV HIV/AIDS di Jateng

Malam Perenungan Aids Nusantara, Minggu (31/5) di Aula IAINU Kebumen.

Malam Perenungan Aids Nusantara, Minggu (31/5) di Aula IAINU Kebumen.

KEBUMEN – Sungguh ironis. Kebumen yang memiliki slogan Kabupaten beriman ini justru menempati urutan ke empat untuk kasus HIV/AIDS se Jawa Tengah, dengan 423 kasus. Hal ini disampaikan oleh Koordinator Forum Peduli Aids (FPA) Bougenville Kebumen Solekhan, pada saat Malam Perenungan Aids Nusantara, Minggu (31/5) di Aula IAINU Kebumen.

Dijelaskannya, Kondisi tersebut tentunya sangat mencenangkan dan memprihatinkan. Pasalnya, penyakit yang dulu hanya diperkirakan menyebar di perkotaan besar saat ini telah menjamur di Kabupaten Kebumen. Diperkirakan jumlah penyandang HIV/AIDS akan semakin bartambah. Maka dari itu hal ini harus menjadi perhatian semua kalangan.

“Kita tidak bisa, hanya menyerakan persoalan ini kepada pemerintah kabupaten saja. Melainkan semua elmen masyarakat harus turut andil dalam mensikapi persoalan HIV/AISD,” jelasnya.

Selain itu di Kabupaten Kebumen juga masih banyak terjadi stigma dan diskrimasi kepada para penderita AIDS. Hal ini menunjukan bahwa pemahaman masyarakat dengan penyakit tersebut, masih sangat kurang. Padahal sebenarnya, penularan penyakit AIDS hanya melalui cairan tubuh, seperti darah dan sperma.

Maka dari penularannya hanya dapat terjadi melalui hubungan badan, penggunaan jarum suntik bersama, dan transfusi darah. Maka dari itu, dengan adanya malam perenungan ini diharapkan masyarakat akan dapat memperlakukan penderita AIDS sebagaimana manusia normal lainya.

“Dengan hidup berdampingan bersama, mengunakan peralatan makan, kamar mandi dan toylet bersama tidak akan menyebabkan tertular HIV/AIDS,” katanya.

Ketua Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kabupaten Kebumen Adi Pandoyo SH  MSi dalam sambutannya mengatakan, kedepan malam perenungan AIDS seperti ini akan dilakukan lebih besar dan lebih meriah. Hal ini bertujuan agar masyarakat dapat mengetahui persoalan besar yang sedang terjadi di Kabupaten Kebumen. Rencananya malam perenungan AIDS tahun depan akan dilaksanakan di Alun-alun Kebumen. (mam/nun/ Radar Banyumas /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s