Panwaskab Saring 156 Calon Panwascam

Ilustrasi

Ilustrasi

KEBUMEN – Panwas Kabupaten (Panwaskab) Kebumen menyaring 156 calon Panwas Kecamatan (Panwascam) yang mengikuti tes tertulis di Aula Kemenag Kebumen, Jumat (22/5). Peserta yang mengikuti tes tersebut sebanyak 299 orang karena dari 316 pendaftar, 17 di antaranya tidak lolos administrasi.

Ketua Panwaskab, Suratno didampingi anggota Maria Erni P dan Arif Supriyanto mengemukakan, antusias pendaftar Panwas Kecamatan untuk pelaksanaan Pilbup 9 Desember mendatang cukup tinggi. Tidak hanya saat mendaftar saja tetapi juga saat mengikuti tahapan seleksi dari mulai administrasi hingga tertulis.

“Ini rekor karena untuk satu kecamatan saja ada yang terdapat 44 pendaftar,’’ kata Suratno sembari menambahkan, kecamatan tersebut berada di Kecamatan Kebumen.

Dari sebanyak 156 calon Panwascam yang lolos seleksi tertulis, msing-masing kecamatan terdapat 6 orang. Mereka akan mengikuti tes wawancara pada 2-4 Juni mendatang. Selanjutnya dipilih 3 orang di 26 kecamatan yang ada di Kebumen untuk menjadi anggota Panwascam.

Usulkan PPS

Sementara itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kebumen baru menyelesaikan penambahan kekurangan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) di 70 desa yang ada di kabupaten berslogan Beriman ini. Pengisian anggota PPS yang disusulkan tersebut karena tidak ada rekomendasi dari kepala desa bersangkutan terkait pengajuan calon anggota PPS. Hingga kemudian, KPU mengambil kebijakan sesuai aturan berlaku.

Di samping itu berkoordinasi dengan camat-camat yang berada di wilayah desa bersangkutan untuk melakukan pendekatan kepada para kades agar segera mengusulkan nama-nama calon anggota PPS. Dengan mengedepankan semangat kebersamaan membangun tersebut, kekurangannya pun telah dipenuhi.

“Anggota PPS di 70 desa itu sudah dilantik di Hotel Candisari pada Sabtu, (30/5),” kata Ketua KPU Kabupaten Kebumen Paulus Widiyantoro, kemarin. Dengan demikian, penyelenggara pemilu tersebut telah siap bekerja, dari mulai tingkat kabupaten hingga desa.

Sebelumnya KPU Kebumen juga sudah merekrut Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Paulus menekankan pentingnya netralitas anggota PPK dan PPS. Ia juga mengingatkan tidak ada tanggal merah bagi anggota PPK dan PPS yang sudah dilantik. Pasalnya, setelah mereka dilantik langsung melakukan verifikasi terhadap PPS yang direkomendasikan oleh kades dan BPD ke kecamatan. (K5-78/ Suaramerdeka.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s