Tak Kebagian Air Irigasi, Warga Sedot Kali

Menyedot air Kali Luweng karena tidak kebagian air irigasi. (Foto : Sukmawan)

Menyedot air Kali Luweng karena tidak kebagian air irigasi. (Foto : Sukmawan)

BULUSPESANTREN – Puluhan hektare sawah di tiga desa bertetangga, yakni Desa Indrosari dan Banjurpasar Kecamatan Buluspesantren, serta Desa Gondanglegi Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen, tidak kebagian air irigasi. Untuk memenuhi kebutuhan air agar bisa menanam padi pada musim tanam (MT) II, petani terpaksa mengeluarkan biaya ekstra untuk menyedot air Kali Luweng dengan mesin pompa. Kesulitan air pada MT II selalu dialami petani di tiga desa tersebut. Apalagi berada di daerah ‘petit’ atau bagian hilir saluran irigasi dari Bendung Pesucen.

“Air irigasi hanya sampai di Desa Ampih,” keluh Pardi (40) petani warga Indrosari kepada KRjogja.com, Sabtu (30/05/2015).

Akibat tidak kebagian air irigasi, sawah yang sudah ditanami padi dengan memanfaatkan air hujan, menjadi kering. Apalagi air Kali Luweng sudah mulai kering sehingga tidak bisa maksimal untuk memenuhi kebutuhan air. “Padahal penyedotan non stop 24 jam. Namun karena air sungai sudah sedikit, jadi tidak maksimal,” ujar Pardi seraya mengatakan, mesin pompa yang digunakan merupakan bantuan pemerintah, namun biaya operasional ditanggung bersama.

Sejumlah petani yang ditemui terpisah, berharap pemerintah mengatasi persoalan air dengan melakukan normalisasi saluran irigasi agar bisa sampai ke Desa Indrosari, Banjurpasar, dan Gondanglegi. “Selama irigasi tidak sampai ke desa kami, pompa air memang sangat dibutuhkan. Namun bukan berarti kami harus bergantung dengan pompa air untuk selamanya. Apalagi butuh biaya tidak sedikit untuk operasional pompa,” tandas Amad juga petani Indrosari. (Suk/ KRjogja.com /LintasKebumen¬©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s