Babinsa Pantau Tanaman Program System of Rice Intensification

Babinsa Koramil 20/Buayan Pantau Tanaman Program System of Rice Intensification

Babinsa Koramil 20/Buayan Pantau Tanaman Program System of Rice Intensification

BUAYAN – Babinsa Koramil 20/ Buayan Peltu Saikin melaksanakan upaya khusus (Upsus) pemantauan tanaman padi Program System of Rice Intensification (SRI) di lahan seluas 20 Ha di Desa Buayan Kecamatan Buayan, Jum’at (29/5) kemarin. Kegiatan tersebut merupakan tugas pendampingan pertanian bagi para Babinsa dengan melakukan pemantauan secara terus menerus baik perkembangan tanaman hingga gangguan hama bersama petani.

Komandan Koramil 20/Buayan Kapten Czi Paulus Souhuwat yang dalam hal ini diwakilkan Peltu Saikin, mengatakan dengan kegiatan pendampingan petani dalam hal ketahanan pangan merupakan program pemerintah pusat antara Menteri Pertanian RI dengan Panglima TNI . Atas dasar tersebut aparat komando kewilayahan memiliki tugas melaksanakan pendampingan  pertanian bersama PPL UPTD Distanak Kecamatan Buayan kepada para kelompok tani yang ada di wilayah binaanya.

”Untuk itu para petani tidak boleh merasa ragu dan malu kepada Babinsa karena sudah menjadi tugas Babinsa. Selain menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI Babinsa juga memiliki peran kedaulatan pangan,” tegas Peltu Saikin.

Sapari, Ketua Kelompok Tani Karya Utama 1 juga mewakili para petani  mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Babinsa yang selalu terjun langsung dan peduli dengan para petani, sehingga para petani sangat termotifasi dengan adanya program ketahanan pangan yang dicanangkan pemerintah. ”Dengan adanya pendampingan petani oleh Babinsa, para petani sangat bersyukur, karena kesulitan yang dialami ini bisa dibantu dan diberikan jalan keluarnya,” ujarnya.

Babinsa menyampaikan tugas pendampingan pertanian tersebut disamping tugas pokok sebagai anggota TNI juga bisa mewadahi inspirasi petani terkait berbagai macam kesulitan atau kendala di lapangan untuk dicari penyelesaiannya bersama dengan PPL UPTD pertanian  Kecamatan Buayan. Kepada petani disampaikan program bantuan dari pemerintah melalui program System of Rice Intensification (SRI) yang sudah dikucurkan dananya langsung kepada kelompok tani pada tahun 2015 ini.

”Oleh karena itu agar para kelompok tani diminta untuk mensukseskan program tersebut dengan sebaik – baiknya, tertib administrasi dan meningkatkan kemampuan melalui pembekalan berbagai materi pertanian dan sosialisasi yang dilaksanakan oleh Babinsa bersama PPL UPTD Pertanian Kecamatan Buayan dengan harapan kedepan kesejahteraan petani di wilayah dapat meningkat, ujar Saikin.(kodim0709.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s