Kebumen Steril dari Beras Sintetis

Ilustrasi

Ilustrasi

KEBUMEN – Terlepas dari perbedaan hasil penelitian Sucofindo dan pemerintah terkait kandungan plastik dalam beras, tetapi pengawasan terhadap keberadaan beras sintetis di Kebumen tetap dilakukan. Bahkan selain Pemkab Kebumen, pengawasan beras juga dilakukan aparat kepolisian.

Tim gabungan Polres Kebumen bersama Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Pengelolaan Pasar (Disperindagsar) melakukan pengawasan beras di sejumlah tempat, Kamis (28/5). Pengawasan dilakukan antara lain di Gudang Bulog Selang, Pasar Tumenggungan dan pusat perbelanjaan Rita Pasaraya.

Pengujian Sederhana

Dipimpin Kasat Reskrim Polres Kebumen AKP Willy Budiyanto didampingi Kepala Seksi Perlindungan Konsumen yang juga Penyidik Pengawai Negeri Sipil (PPNS) Dinas Perindagsar Agung Patuh Polres-Disperindagsar, tim melakukan uji terhadap contoh beras. Pengujian dilakukan secara sederhana, selain memakai kaca pembesar juga dengan menggunakan air.

“Jika terdapat kandungan kandungan plastik, beras tidak bisa tenggelam,” ujar Agung Patuh di sela-sela pengujian. Tak hanya itu, anggota tim yang didampingi olehKepala Gudang Bulog Selang Suamal ikut mencoba memakan beras mentah di Gudang Bulog Selang. Pengujian yang sama dilakukan saat pemeriksaan di sejumlah pasar di Pasar Tumenggungan dan di Rita Pasaraya.

Dari hasil pengujian sejumlah contoh, disimpulkan bahwa beras di Gudang Bulog Selang maupun di pasaran Kebumen steril dari beras sintetis. “Kami tidak menemukan beras yang dicurigai sintetis. Artinya beras di Kebumen masih steril dari peredaran beras sintetis,” imbuh AKP Willy Budiyanto kepada Suara Merdeka usai pengawasan.

Willy menambahkan, pemeriksaan yang dilakukan tim gabungan itu, selain untuk mengecek di lapangan secara langsung, sekaligus memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat. Sebab selama ini masyarakat cukup resah dengan adanya kabar mengenai isu beras sintetis yang beredar di pasaran. (J19-32/ Suaramerdeka.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s