Mengaku Pengukur Tanah, Curi Emas

Ilustrasi

Ilustrasi

BONOROWO – Banyak modus operandi yang dilakukan pelaku pencurian untuk mengelabuhi korbannya. Seperti terjadi di Desa/Kecamatan Bonorowo, dua orang mengaku sebagai petugas BPN atau Kantor Pertanahan yang akan mengukur tanah gratis. Kedua pencuri berhasil membawa kabur satu cincin emas seberat 2 gram bermata 8 intan seharga Rp 1 juta dan uang tunai Rp 800.000. Peristiwa itu terjadi, Jumat (22/5), pukul 09.00 di rumah Jamhari Sururudin (54).

Saat kejadian, pemilik rumah sedang bekerja dan hanya ditunggui seorang pembantu bernama Titin Suryawanti. Peristiwa itu bermula pukul 09.00, dua laki-laki dengan mengendarai sepeda motor datang bertamu. Sepeda motor itu diparkir di halaman rumah tetangga korban, bernama Sodiran.

Kedatangan pelaku ketahui oleh istri Sodiran. Mereka bertanya di mana rumah Jamhari dan menanyakan apakah yang bersangkutan di rumah atau tidak. Pelaku mengenalkan diri dari Kantor Pertanahan untuk pengukuran tanah gratis, selanjutnya satu orang mengukur tanah di belakang rumah bersama pembantunya.

Adapun pelaku satunya tinggal di ruang tamu. Selang beberapa saat, satu orang yang ditinggal di ruang tamu memanggil temannya yang mengukur tanah untuk diajak pergi. ‘’Dia juga pesan dengan pembantunya bahwa pukul 17.00 akan kembali lagi,’’ kata Titin Suryawanti kepada aparat kepolisian.

Tetapi setelah dua orang itu pergi, diketahui bahwa pintu kamar korban terbuka paksa dan ada bekas congkelan. Setelah dicari, kedua tamu itu sudah menghilang. Kejadian itu kemudian dilaporkan kepada pemilik rumah untuk dilanjutkan ke polisi. (J19-42/ Suaramerdeka.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s