Mushala di Sidototo Direnovasi

Peletakan batu pertma renovasi Masjid Al- Huda Klirong

Peletakan batu pertma renovasi Masjid Al- Huda Klirong

PADURESO – Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) masih berjalan di Desa Sidototo, Kecamatan Padureso, Kebumen. Kali ini TNI bersama warga setempat merenovasi mushala, kemarin. Kegiatan tersebut merupakan sasaran fisik tambahan, selain rehab rumah tidak layak huni (RTLH) sebanyak 15 unit. TMMD yang berlangsung sejak 8 Mei hingga 27 Mei mendatang itu diikuti antusias warga setempat.

Warga dan TNI juga giat membangun sasaran fisik utama berupa pembangunan jalan rabat beton panjang 839,25 meter, pembuatan plat dueker 3 unit, serta pembuatan talut penahan pasangan batu panjang 75 meter dan tinggi 1,8 meter. Adapun sasaran nonfisik, antara lain penyuluhan bela negara, sadar hukum, UMKM, tenaga kerja, reproduksi sehat, dan penyuluhan bahaya laten komunis serta penanggulangan teroris.

Di samping itu penyuluhan BPJS, percepatan penganekaragaman konsumsi berbasis pangan lokal, dilanjutkan praktik, kependudukan dan catatan sipil, pembinaan perangkat desa, pasar rakyat dan pemutaran film. TMMD Sengkuyung tahap I tahun 2015 juga menyinggung sejarah lokal. Apalagi kabupaten berslogan Beriman ini memiliki sejarah panjang yang tidak bisa dilepaskan dengan proses berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Sejarah Kebumen juga penuh nilai-nilai patriotisme. Kita tahu pada tanggal 17 Mei 1643 saat penguasa daerah ini dipegang Badranala, terdapat momentum bersejarah berupa penghalauan VOC di Pantai Petanahan.

Dandim Putra menegaskan, pada hakikatnya, kegiatan di TMMD tersebut merupakan wujud nyata dari penerapan budaya gotong royong.

“Ini suatu budaya luhur bangsa yang telah terbukti menjadi benang merah keberhasilan bangsa Indonesia dari masa ke masa. Karenanya, dalam kaitan dengan penerapan dan upaya pelestarian budaya gotong royong, pada TMMD ke-94 kali ini, telah ditetapkan Tri Sukses TMMD yakni sukses penyelenggaraan, sukses memperkokoh kemanunggalan TNI-Rakyat, serta yang tidak kalah pentingnya adalah sukses meningkatkan budaya gotong-royong di seluruh tanah air,” tegas Dandim Putra. (K5-32/ Suaramerdeka.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s