Kesadaran Masih Rendah, Media Luar Ruang Semrawut

Salasatu media luar ruang di kebumen. (Dasih D)

Salasatu media luar ruang di kebumen. (Dasih D)

KEBUMEN – Tingkat kesadaran para pemasang media luar ruang di berbagai lokasi pemasangannya di Kebumen untuk mencopot sendiri media luar ruangnya saat izin pemasangannya sudah habis, hingga kini masih tergolong rendah. Akibatnya, banyak lokasi pemasangan media luar ruang di Kebumen terlihat semrawut dengan banyaknya media luar ruang seperti spanduk dan baliho yang memenuhi lokasi tersebut.

“Itulah sebabnya sepanjang Mei 2015 ini kami gencar menertibkan lokasi-lokasi media luar ruang di semua kecamatan di Kebumen,” ungkap Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kebumen, RI Ageng Sulityo Handoko SIP, saat memimpin penertiban berbagai macam media luar ruang yang terpasang di sejumlah lokasi di Kebumen, Minggu (24/05/2015).

Operasi penertiban tersebut menurut Ageng, dilakukan setelah berkoordinasi dengan Dinas Pendapatan  Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kebumen tentang media luar ruang yang telah habis masa pemasangannya.

Dalam aturannya, para pemasang media luar ruang tersebut sebenarnya diwajibkan mencopot media yang dipasangnya bila izin pemasangannya habis. Namun dalam kenyataannya, jarang sekali pemasang yang mau disiplin menaati aturan tersebut. “Bila jumlah media yang terpasang sangat banyak terkonsentrasi di satu tempat seringkali merusak keindahan tempat tersebut, sehingga kami bergerak untuk melakukan penertiban,” jelas Ageng.

Masih rendahnya kesadaran para pemasang media luar ruang tersebut menurut Ageng ternyata bisa dibuktikan dengan jumlah spanduk, baliho ataupun poster yang terkena penertiban yang dalam seharinya bisa mencapai puluhan hingga ratusan buah. (Dwi/ KRjogja.com /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s