Nikmati Keindahan Kebumen dari Lima Bukit Ini

Pemandangan pagi di Bukit Pranji

Pemandangan pagi di Bukit Pranji

KEBUMEN – Belakangan ini wisata ketinggian memang sedang digilai anak-anak muda. Itu terlihat dari banyaknya pengguna social media yang mem-posting foto-foto ketika mendaki dan berada di puncak gunung melalui facebook, instagram, path maupun twitter. Kabupaten Kebumen merupakan sebuah kabupaten di selatan Jawa Tengah dan berada di rangkaian Pegunungan Serayu Selatan.

Berada di ketinggian 0 – 700 meter diatas permukaan air laut membuat Kebumen tak memiliki gunung yang menjulang tinggi. Namun demikian sejumlah bukit layak untuk didaki sebagai spot melihat keindahan alam, sunset maupun sunrise. Berikut ini Lintas Kebumen merangkum 5 Bukit dengan pemandangan alam mengagumkan.

1. Gunung Wadasputih

Gunung Wadasputih terletak di perbatasan Desa Sampang Kecamatan Sempor dengan Desa Wonoharjo Kecamatan Rowokele. Gunung ini menjulang dibarat lembah Sampang yang lebar. Gunung tertinggi kedua di Kebumen ini memiliki ketinggian 654 meter diatas permukaan air laut (dpl). Dari puncak Gunung Wadasputih dapat dinikmati pemandangan yang menakjubkan. Landskap Kebumen bagian selatan terutama Gombong, Pegunungan Serayu Selatan hingga Lembah Serayu bisa dinikmati dari puncak Gunung ini. Saat pagi menjelang, jajaran gunung akan terlihat seperti Gunung Sindoro – Sumbing, Slamet, dan gunung-gunung di komplek dataran tinggi Dieng.

2. Bukit Paras

Bukit Paras terletak di perbatasan Kecamatan Karangsambung dengan Sadang. Bukit Paras menjulang setinggi 501 meter diatas permukaan air laut. Bukit yang berada di tengah Cagar Alam Nasional Geologi Karangsambung ini menawarkan pemandangan tak kalah menakjubkan. Diantaranya dapat melihat lembah Karangsambung yang agraris serta Lembah Sadang yang dibelah Sungai Luk Ulo. Pemandangan pagi menjadi pemandangan yang terindah pasalnya selain dapat melihat Gunung Sindoro – Sumbing diarah timur, kabut-kabut pagi akan terlihat indah menaungi seantero cagar alam geologi terlengkap di Indonesia ini.

3. Bukit Kruwet

Bukit Kruwet terletak di perbatasan desa Condongcampur kecamatan Sruweng, desa Watulawang kecamatan Pejagoan dan desa Kajoran kecamatan Karanggayam. Bukit Kruwet memiliki ketinggian 551 meter diatas permukaan air laut (dpl) sehingga menempatkannya sebagai Bukit tertinggi ke-10 di kebumen. Dari sini anda bisa melihat pemandangan sebagian besar wilayah Kebumen. Selain itu saat fajar tiba anda akan bisa menyaksikan Gunung Sumbing dan Sindoro yang tinggi menjulang. Bukit ini sejatinya merupakan titik tertinggi dari beberapa bukit disekitarnya seperti Bukit Pranji (424 m/dpl), Bukit Condong (502 m/dpl) dan juga Bukit Jatiwayang (502 m/dpl). Bukit tersebut juga layak dikunjungi karena tak kalah indah pemandangannya.

4. Bukit Duwur

Bukit Duwur terletak di desa Watukelir kecamatan Ayah. Bukit Duwur memiliki puncak tunggal dengan tinggi sekitar 452 m/dpl. Dari puncak tertinggi Kawasan Karst Gombong Selatan (KKGS) ini anda bisa dilihat garis pantai selatan Kebumen dari Pantai Suwuk hingga batas cakrawala. Tak hanya itu, dari sini juga terlihat landskap daratan rendah Kebumen Selatan yang luas diarah timur dan hamparan perbukitan karst di arah barat hingga utara. Bukit ini bersanding dengan Bukit Arjuna (439 m/dpl) yang berada di sebelah barat daya Bukit Duwur. Jika cuaca sedang bersahabat makan Gunung Slamet diarah barat laut akan terlihat.

5. Bukit Indrakila

Bukit Indrakila terletak di perbatasan desa Pujotirto, desa Wadasmalang di kecamatan Karangsambung dan desa Kumejing kecamatan Wadaslintang kabupaten Wonosobo. Bukit dengan ketinggian 548 m/dpl ini menawarkan pemandangan Waduk Wadaslintang dari ketinggian dan landskap pegunungan Wonosobo Selatan juga Purworejo. Selain itu saat pagi menjelang Gunung Sindaro dan Sumbing akan menjadi pemandangan yang menakjubkan. Gunung ini disanding oleh beberapa Bukit yakni Bukit Watukelir (477 m/dpl), Bukit Limar (457 m/dpl) an Bukit Kedungbarung (505 m/dpl) yang mengelilingi dataran tinggi Pujotirto. (M. Zainal /LintasKebumen©2015)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s