Wuih…. Indahnya Curug Kali di Desa Plumbon

Curug Kali di Desa Plumbon Kecamatan Karangsambung

Curug Kali di Desa Plumbon Kecamatan Karangsambung

KARANGSAMBUNG – Wilayah utara Kabupaten Kebumen yang merupakan rangkaian pegunungan Serayu Selatan ternyata banyak terdapat lokasi menawan yang sangat potensial sebagai lokasi objek wisata. Tak hanya pemandangan bukit, sungai dan sawah terasiringnya yang sangat indah dan menawan, wilayah bagian utara Kebumen ini juga banyak menyimpan air terjun atau curug.

Salah satunya adalah Curug Kali. Curug yang sangat menawan dan masih alami ini terletak diantara Dusun Grigak dan Plumbon di Desa Plumbon Kecamatan Karangsambung. Curug ini berjarak sekira 16 Km berkendara dari Kota Kebumen ke arah timur laut. Rute yang mudah digunakan yakni melalui Desa Krakal Kecamatan Alian. Curug Kali hanya berjarak 4 Km dari Pemandian Air Panas Krakal.

Curug Kali memiliki dua tingkatan dengan total ketinggian sekira 15 meter. Meski tak terlalu tinggi, Curug Kali memiliki formasi air terjun yang indah. Air yang jernih dan segar tersebut mengucur deras diatas batuan sedimen yang nampak bertumpuk-tumpuk. Curug Kali berada di aliran Sungai Grigak yang berhulu di Dusun Rowobayem Desa Wadasmalang Kecamatan Karangsambung atau di kaki Bukit Limar (457 m/dpl).

Sungai ini sangat unik karena dasar sungai bukan tanah melainkan beralaskan batu dan memiliki formasi batuan yang juga unik layaknya sungai-sungai di Kawasan Cagar Alam Geologi Karangsambung. Diantara jeda undakan curug terbentuk sebuah kolam dengan warna kehijauan yang luas dan dalam sehingga bisa digunakan untuk berenang.

Suasana alami masih sangat terasa di Curug Kali. Kebun-kebun warga mengapit curug ini dengan ohon-pohon yang hijau dan rindang. Udara segar wilayah pegunungan terasa segar. Curug Kali biasa digunakan anak-anak setempat untuk menghabiskan waktu bermain mereka disore hari. Lokasinya yang tak jauh dari jalan raya memungkinkan tempat ini sangat potensial menjadi tempat wisata.

Curug Kali berjarak 400 meter dari Jalan Raya Plumbon – Wadasmalang. Curug Kali bukan tempat wisata sehingga bagi anda anda yang ingin mengunjungi Curug Kali bisa menitipkan kendaraan di warung-warung di dekat SDN 2 Plumbon. Perjalanan dilanjutkan dengan turun kesungai dan menelusuri sungai sejauh 400 meter. Medan yang dilalui pun cukup mudah untuk berjalan kaki, namun demikian harus berhati-hati karena dasar sungai yang licin. Tertarik? (LintasKebumen©2015)

Rute

Rute

Rute: Dari Kota Kebumen ambilah jalan menuju Pemandian Air Panas (PAP) Krakal dan kemudian dilanjutkan menuju Pasar Krakal. Lanjutkan perjalanan dari Pasar Krakal ke arah utara mengikuti jalan raya. Kemudian akan ditemui pertigaan dekat sekolah, ambilah jalan ke kanan sehingga melintasi sekolah tersebut. Lalu terdapat jembatan dan mushola, selepasnya akan ada pertigaan lagi, ambilan ke kiri (ke kanan menuju Pujotirto / Curug Ganden). Ikuti jalan raya Wadasmalang – Plumbon tersebut hingga menemui SDN 2 Plumbon yang terdapat sungai di depannya. Berhentilah, lalu tanya warga setempat untuk menitipkan kendaraan. Perjalanan dilanjutkan dg turun ke sungai yg berada di kanan jalan tersebut ke arah hulu. GPS/ Koordinat:  -7.586239, 109.718019

Advertisements

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s