Curug Sawangan, Keajaiban Tersembunyi di Karangduwur

curug-menganti-di-kebumen-air-curug-mengalir-dari-goa-sawangan-langsung-ke-samudera-hindia
Air Terjun Sawangan

AYAH – Keajaiban alam yang terdapat di Kawasan karst Gombong Selatan (KKGS) Kebumen sungguh menakjubkan. Siapapun yang menelusuri sepanjang bibir pantai kawasan itu akan memuji keindahan alamnya. Pesona alam yang tersedia, membuat kawasan tersebut berpotensi untuk dikembangkan menjadi objek wisata.Salah satu lokasi yang menyimpan panorama adalah di kawasan Resor Pamangkuan Hutan (RPH) Tebo, BKPH Gombong Selatan. Di wilayah Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah itu terdapat sejumlah keajaiban alam. Salah satunya adalah air terjun atau Curug Sawangan. Curug yang konon tertinggi di Kebumen itu sekaligus berada dekat dengan pantai selatan.

Curug Sawangan memiliki tinggi lebih dari 50 meter dan berjarak sekira 150 meter dari pantai selatan yang merupakan sebuah teluk. Curug Sawangan terbentuk dari melimpahnya air dari sungai bawah tanah Goa Surupan atau Sawangan. Ya, air Curug Sawangan memang berasal dari dalam Goa. Curug Sawangan masih sangat alami dan tersembunyi. Sehingga tempat ini sangat cocok dikunjungi bagi anda yang suka dengan tantangan.

Bosan bermain air dibawah gemerujug Curug Sawangan, anda juga bisa langsung bermain air di Pantai Nogosari. Curug Sawangan bisa dijangkau dari Desa Karangduwur maupun Desa Argopeni. Dari pertigaan loket Pantai Menganti rute mengabil ke arah Goa Karangduwur atau belok ke kanan berkendara hingga Tanjung Noagasari. Perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menelusuri jalan setapak sejauh kurang dari 700 meter.

Saat ini Curug Sawangan sudah dikelola oleh Pemerintah Desa Karangduwur sehingga jalan setapak dan anak tangga menuruni tering sudah nyaman dan baik. Pengelola menyatu paketkan Curug Sawangan dengan Goa Siwowo, Goa Karangduwur/ Goa Sarang Burung, Pantai Nogosari dan Bukit Nogosari dalam paket ”Sawangan Adventure”. Sehingga sangat dianjurkan mengambil rute ini. Belum ada penginapan di wilayah ini. Peningapan berupa Hotel terdekat berada di Kota Gombong. Sedangkan penginapan berupa Villa berada di Pantai Menganti.

Sementara dari Jalan raya Ayah – Karangbolong di Desa Argopeni, Curug Sawangan berjarak kurang dari 1 Km dengan berjalan kaki. Dari Desa Argopeni perjalanan yang ditempuh lebih mudah dan mengasyikan meski lebih jauh dari pada harus melalui Desa Karangduwur atau Goa Karangduwur.Perjalanan yang sulit menuju Curug Sawangan dipastikan tak membosakan. Pemandangan alam sepanjang perjalanan dijamin bisa membuat mata anda terbelalak. Luasnya Samudera Hindia bisa dilihat berpadu dengan tanjung dan tebing karang. Begitu juga puncak puncak karst yang menghijau. Satu lagi, terdapat sebuah persawahan yang berada diantara bukit karst yang unik. (LintasKebumen©2015)

Rute
Rute

GPS/ Koordinat: -7.756962, 109.398165 atau Klik https://www.google.com/maps/place/Curug+Sawangan/@-7.7568007,109.3961491,17z/data=!3m1!4b1!4m2!3m1!1s0x2e65374bb9c3a5e3:0xe8735738904d0d0d

Advertisements

One thought on “Curug Sawangan, Keajaiban Tersembunyi di Karangduwur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s