Pantai Lampon, Pantai Rahasia dari Desa Pasir

Pantai Lampon

Pantai Lampon

AYAH – Bagi anda pecinta petualangan dan pantai yang masih alami, Pantai Lapon bisa jadi menjadi pilihan berlibur anda hari ini. Pantai Lampon terletak di Desa Pasir Kecamatan Ayah Kebumen atau berjarak sekira 38 Km dari Kota kebumen kearah barat daya. Pantai Lampon berada tepat disebelah barat dari Pantai Pasir yang juga berada di Desa pasir Kecamatan Ayah Kebumen.

Pantai Lampon merupakan pantai rahasia sekaligus tersembunyi. Pantai ini urung banyak diketahui oleh wisatawan umum. Pantai Lampon memang bukan tempat wisata. Lokasinya tertutup oleh bukit dan hiruk pikuk aktivitas nelayan Pantai Pasir yang sibuk membawa hasil laut dari lautan ke Tempat Pelelangan Ikan (TPI) setempat. Pantai Lampon berada diantara Pantai Pasir dan Tanjung Karang Penganten.

Pantai Lampon mendiami teluk sempit di selatan perbukitan Kawasan Karst Gombong Selatan (KKGS). Pantai Lampon bukanlah pantai yang luas dan panjang. Pantai Lampon hanya memiliki panjang garis pantai tak lebih dari 100 meter dan lebar yang sempit. Namun demikian suasana alami masih sangat terasa jika anda menginjakan kaki di Pantai Lampon.

Pasir pantai coklat di Pantai Lampon masih sangat bersih. Air laut yang berwarna hijau kebiruan berpadu selaras dengan pasir pantai yang landai. Sama seperti Pantai Pasir, Pantai Lampon juga dibatasi tebing karang disisi barat dan timurnya. Pepohonan hijau nan asri berundak mengelilingi Pantai Lampon hingga ke puncak perbukitan. Tak ketinggalan pohon kelapa khas pesisir yang menghiasi Pantai Lampon.

Bagi anda yang ingin mengunjungi Pantai Lampon disarankan untuk menuju TPI Pasir terlebih dahulu. Dari TPI Pasir dilalanjutkan dengan berjalan kaki menelusuri bukit kearah barat. Pantai Lampon bukan tempat wisata sehingga tak ada petunjuk apapun menuju ke lokasi. Pantai Lampon hanya biasa dikunjungi warga setempat untuk mencari rumput. Bagaimana? Tertarik? (LintasKebumen©2015)

Rute

Rute

Rute: Dari Kota Kebumen ambilah jalan menuju Pantai Petanahan (lewati) lanjutkan ke arah Pantai Suwuk (lewati). Perjalanan dilanjutkan ke arah Pantai Karangbolong (lewati). Jika menemui pertigaan jalan yang luas, lurus saja (jalur kiri) menuju Pantai Ayah. Selanjutnya mengikuti jalan raya hingga Pantai Pasir. Masuklah ke perkampungan Pantai Pasir. Perjalanan dilanjutkan dengan naik bukit dan trecking. Agar lebih jelas mengeai jalannya bisa ditanyakan ke warga setempat.

Advertisements

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s