Geliat Kampung Wisata Inggris Kebumen

Kegiatan warga Desa Adiluhur kecamatan Adimulyo yang sedang diajarkan berbahasa Inggris.

Kegiatan warga Desa Adiluhur kecamatan Adimulyo yang sedang diajarkan berbahasa Inggris.

ADIMULYO – “Put chili… onion… salt… brown sugar… and grill.” Sembari mengulek bahan-bahan membuat bumbu lotek, Nunik Sugiyanti atau yang akrab disapa Mbak Nunik mempraktikkan cara membuat bumbu lotek dengan menggunakan bahasa Inggris yang berlogat ngapak. Ya, Mbak Nunik adalah salah satu warga binaan dari Kampung Wisata Inggris Kebumen yang memang dilatih dan diajarkan berbahasa Inggris. Kampung Wisata Inggris Kebumen yang berada di Dukuh Alasmalang, Desa Adiluhur, Kec. Adimulyo terus bergeliat.

Setiap sorenya utamanya pada Hari Jumat, Sabtu, dan Minggu Paguyuban Mas dan Mbak Duta Wisata Kab. Kebumen secara rutin bergantian memandu dan menjadi pengajar bahasa Inggris bagi warga masyarakat dan anak-anak di lingkungan sekitar. Metode pembelajaran yang menarik dengan praktik langsung di lapangan membuat warga masyarakat sekitar merasa nyaman dan bersemangat untuk belajar.

Usaha Paguyuban Mas dan Mbak Duta Wisata Kab. Kebumen yang bekerjasama dengan Politeknik LP3I Kampus Jakarta Utara, objek wisata rintisan Taman Reptil Adiluhur (TARA), dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Kebumen memang patut diacungi jempol. Sejak dirintis akhir September 2014 lalu, sejumlah permintaan untuk belajar bahasa Inggris baik dari peminat dalam maupun luar Kebumen terus bertambah.

Rencananya pasca peresmian nanti, Kampung Wisata Inggris Kebumen ini akan dikoneksikan praktik pembelajarannya dengan tiga objek wisata yang ada di Kab. Kebumen yaitu Taman Reptil Adiluhur (TARA) yang kebetulan berada satu komplek dengan Kampung Wisata Inggris Kebumen, Pantai Suwuk, dan Benteng Van Der Wijk Gombong.

Dijadwalkan pada awal Maret 2015 nanti, rombongan mahasiswa/i dari Politeknik LP3I Jakarta Utara akan melakukan praktik belajar bahasa Inggris dengan metode ‘English Camping’ dimana mereka belajar bahasa Inggris dengan menginap di ‘Kampung Wisata Inggris Kebumen’ dan juga berwisata di beberapa objek wisata yang ada di Kab. Kebumen.

Paguyuban Mas dan Mbak Duta Wisata Kab. Kebumen secara rutin bergantian memandu dan menjadi pengajar bahasa Inggris bagi warga.

Paguyuban Mas dan Mbak Duta Wisata Kab. Kebumen secara rutin bergantian memandu dan menjadi pengajar bahasa Inggris bagi warga.

Salah satu pengajar di Kampung Wisata Inggris Kebumen yang merupakan anggota dari Paguyuban Mas dan Mbak Duta Wisata Kab. Kebumen yaitu Agung Septyono mengatakan bahwa antusias dan semangat warga masyarakat untuk belajar bahasa Inggris cukup tinggi, terbukti mereka juga tak menerima dengan senang hati kedatangan para pengajar untuk mengajari mereka secara ‘door to door’ alias dari rumah ke rumah.

“Kami bahkan berjalan ke rumah penduduk untuk mengajar sambil membawa papan tulis demi hasil yang maksimal,” ungkap mahasiswa semester V jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di salah satu perguruan tinggi swasta di Purworejo tersebut.

“Warga juga diajarkan berbahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan. Yang penting praktik ngomongnya dulu, masalah grammar nanti mengikuti sendiri.” tambahnya.

Selain Agung, salah satu pengajar lain yaitu Novanda Alim Setya Nugraha, Mas Duta Wisata Kebumen 2012 yang juga merupakan Dosen Bahasa Inggris di Kampus Politeknik LP3I Jakarta Utara dan Universitas Tujuh Belas Agustus Jakarta juga rela bolak-balik minimal 2 kali dalam sebulan dari Jakarta-Kebumen untuk membantu mengajari bahasa Inggris untuk warga masyarakat sekitar dan mempromosikan Kampung Wisata Inggris Kebumen agar lebih dikenal secara lebih luas.

Dosen muda yang akrab disapa Sir Vanda oleh mahasiswanya ini mengungkapkan memang bukan hal yang mudah untuk mewujudkan ‘Kampung Wisata Inggris’ yang konsisten dan dikenal oleh masyarakat luas. Namun baginya, tak ada hasil yang mengkhianati usaha.

“Dengan ketekunan dan kerjasama dari banyak pihak, bukan tidak mungkin nantinya Kampung Wisata Inggris Kebumen akan menjadi rujukan dan destinasi wisata edukatif yang terkenal,” ujarnya.

Para pengajar untuk mengajari mereka secara ‘door to door’ alias dari rumah ke rumah warga.

Para pengajar untuk mengajari mereka secara ‘door to door’ alias dari rumah ke rumah warga.

Selain itu, Vanda juga menambahkan bahwa Kampung Wisata Inggris ini nantinya akan menjadi sesuatu hal yang unik dan berbeda dari Kampung Inggris yang ada di Pare, Kediri karena di Kampung Wisata Inggris Kebumen ini pengunjung akan dilatih dan dipandu berbahasa Inggris secara langsung oleh para duta wisata dan dikoneksikan secara langsung dengan beberapa objek wisata terkenal yang ada di Kab. Kebumen. (LintasKebumen©2015)

“Citizen Journalism”

Nama        : Novanda Alim Setya Nugraha

Pekerjaan : Dosen Bahasa Inggris Politeknik LP3I Jakarta Utara dan Universitas Tujuh Belas Agustus Jakarta

Alamat      : Jl. Kaleng KM. 7, Desa Adiluhur, RT/RW: 02/03, No. 11, Kec. Adimulyo, Kab. Kebumen.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s