5 Tempat Yang Wajib Dikunjungi Saat Berkunjung ke Kebumen

KEBUMEN – Berkunjung ke Kabupaten Kebumen di Jawa Tengah tidak harus berwisata pantai. Banyak hal menarik selain garis pantainya yang indah memanjang sepanjang 57 Km tersebut. Selain itu anda juga bisa menjajal wisata lain dan mencicipi kuliner khas yang ada di Kebumen. Melanjutkan edisi Minggu (30/11/2014) lalu, Berikut ini Lintas Kebumen rangkum 5 hal menarik saat anda mengunjungi Kebumen part III !!!

1. Goa Petruk
Goa Petruk merupakan satu dari ratusan goa yang ada di Kawasan Karst Gombong Selatan (KKGS). Tepatnya di Dusun Mandayana, Desa Candirenggo, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen atau sekitar 5 KM arah selatan Goa Jatijajar. Tidak seperti Goa Jatijajar yang sudah tersentuk beragam fasilitas, Goa Petruk masih mempertahankan kealamiannya. Stalaktit dan stalagmit di Goa Petruk membentuk beragam bentuk, seperti mayat, buaya, lumbung, dan payudara.

2. Curug Plumbon
Curug atau Air Terjun Plumbon terletak di Desa Plumbon, kecamatan Karangsambung, Kabupaten Kebumen. Terletak sekitar 15 Km ke arah timur laut Kota Kebumen atau sekitar 4 Km dari Obyek wisata Pemandian Air Panas Krakal. Curug Plumbon memiliki dua tingkat aliran air yang memotong lahan pertanian warga. Rute yang diambil bisa melalui Kebumen Kota – Krakal – Plumbon. Curug yang dikenal warna dengan sebutan Curug Kali ini sangat indah dan mempesona. Gemericik air bersatu dengan sunyinya alam perbukitan Kebumen utara.

3. Waduk Sempor
Waduk Sempor berada di kampung kecil bernama Sempor yang terletak di Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Berada di dataran tinggi kurang lebih 78 – 100 meter di atas permukaan laut, waduk ini memiliki pesona alam yang luar biasa. Kurang lebih 8 kilometer ke arah utara dari pusat Kota Gombong. Letaknya yang berada di dataran tinggi dan suasana yang sejuk membuat  Sempor selalu ramai dikunjungi. Untuk pengunjung yang ingin menikmati Waduk Sempor dari dekat, di sini juga menyediakan perahu sampan.

4. Waduk Wadaslintang
Waduk Wadaslintang terletak di perbatasan Kabupaten Kebumen dan Kabupaten Wonosobo. Di Kabupaten Kebumen, Waduk Wadaslintang masuk ke Desa Sendangdalem, Kecamatan Padureso. Waduk Wadaslintang mempunyai panorama alam yang indah, birunya air waduk yang luas berpadu dengan hijaunya perbukitan menjulang tinggi di sekelilingnya. Lihatlah ke segala penjuru, hanya ada pegunungan yang berjejer. Suasana alami masih sangat terasa di sini.

5. Roemah Martha Tilaar
Roemah Martha Tilaar terletak di Jl. Sempor Lama 28 Gombong, Kebumen. Roemah Martha Tilaar merupakan rumah sejarah DR. Martha Tilaar, pendiri perusahaan kosmetik terbesar asli Indonesia, Martha Tilaar Group. Rumah yang dahulu ditempatinya semasa kecil itu kini disulap menjadi pusat studi, kebudayaan serta pemberdayaan wanita. Namun jika ingin berkunjung ke RMT, disarankan melakukan reservasi atau membuat janji terlebih dahulu.

Demikian lima tempat yang wajib dikunjungi sebagai referensi tempat wisata anda sat mengunjungi Kebumen. Selain itu banyak hal menarik lainnya yang bisa dilakukan dan tidak biasa lainnya. untuk informasi lainnya bisa kunjungi blog kita dibawah ini. (LintasKebumen©2014)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s