Menikmati Derasnya Air Terjun Sudimoro

SEMPOR – Tidak hanya kaya dengan pantai, Kabupaten Kebumen juga memiliki air terjun yang indah. Salah satunya adalah Air Terjun Sudimoro.  Air terjun Sudimoro terletak di Dusun Kalikumbang, desa Donorojo, kecamatan Sempor kabupaten Kebumen. Air Terjun ini tidak diragukan lagi, air terjunnya memiliki tiga tingkatan dengan total ketinggian hingga 35 meter. Air terjun Sudimoro memiliki formasi melebar sehingga air yang jatuh akan membentuk tirai air yang begitu mengagumkan.

Air terjun ini juga memiliki debit air yang deras dan stabil terlebih jika musim penghujan tiba. Hal tersebut dikarenakan Curug Sudimoro terdapat di aliran Kali Putih yang berhulu di wilayah perbukitan pererbatan Kabupaten Kebumen dengan Banjarnegara. Curug Sudimoro dikelilingi bukit-bukit seperti Bukit Sigentong (409 m/dpl), Bukit Glagah (437 m/dpl), Bukit Cikini (324 m/dpl) dan Bukit Sigandil (375 m/dpl) sehingga pemandangan sekitarnya yang hijau sangat memanjakan mata dan menyejukkan jiwa.

Pepohonan hijau disekeliling air terjun masih terjaga alami. Air yang segar dan bersih sangat asyik digunakan untuk mandi maupun bermain air di bawah guyuran air terjun. Curug ini menjadi salah satu tempat wisata yang diminati warga Kebumen terutama remaja dan anak-anak sekolah. Air Terjun Sudimoro merupakan salah satu objek wisata alam yang masih belum lama diresmikan oleh Pemkab Kebumen. Sehingga fasilitas yang disediakan cukup memadai meski masih dalam tahap pembenahan. Tiket ke lokasinya ini Rp 5.000 per orang belum termasuk parkir kendaraan. Suara aliran sungai pun mampu membuai Anda untuk berlama-lama menikmati keindahannya.

Untuk menjangkau air terjun ini perjalanan bisa di mulai dari Kota Gombong. Rute yang digunakan untuk menuju ke lokasi menggunakan rute Gombong – Bonosari – Kenteng – Donorojo. Dari jalan raya air terjun ini berjarak 400 meter dengan berjalan kaki. Pemandangan alam yang disajikan sepanjang perjalanan tak kalah cantik dan indah. Terletak di ketinggian sekira 204 meter diatas permukaan air laut membuat udara Desa Donorojo terasa segar khas perbukitan. Pohon-pohon pinus tak jarang ditemui di perjalananan yang akan menemani pengunjung. Namun jalan yang belum bisa dikatakan layak membuat wisatawan tak jarang mengurungkan niat mengunjungi air terjun ini. (LintasKebumen©2014)

Peta dan rute

Peta dan rute

GPS/ Koordinat: -7.528853, 109.527933

Advertisements

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s