Terpesona Keanggunan Pantai Karang Agung

Pantai Karang agung, sebuah pantai berkarang di desa argopeni kecamatan Ayah kebaupaten Kebumen.

Pantai Karang agung, sebuah pantai berkarang di desa argopeni kecamatan Ayah kebaupaten Kebumen.

AYAH – Tempatnya tak terjangkau, tersembunyi di balik perbukitan membuat tempat ini tersembunyi dari ciuman wisatawan umum. Adalah Pantai Karang agung, sebuah pantai berkarang di desa argopeni kecamatan Ayah kebaupaten Kebumen atau sebelah timur Pantai Pedalen.

Hanya segelintir wisatawan yang ingin ‘susah’ demi melihat keajaiban lain di Kebumen ini. Di Pantai Karang Agung berdiri anggun sebuah karang yang menyendiri tinggi dan terpisah dari daratan jika air laut pasang. Tak heran, wistawan menjuluki Pantai ini dengan sebutan Tanah Lot nya Kebumen atau Pantai Papuma nya Kebumen.

Tak banyak pasir yang dijumpai di pantai ini. Hanya bebatuan kecil berserakan menyatu dengan daratan pulau Jawa berhias jejeran pohon kelapa yang rapat. Deburan ombak riuh beradu dengan karang hitam bergumul. Semilir angin pantai selatan jelas terasa sejuk. Sesekali terlihat hilir mudik perahu nelayan menuju Pantai Pedalen.

Pantai yang cukup dikeramatkan oleh warga setempat ini memang menyimpan keajaiban lain dibalik perbukitan Karst Gombong Selatan. Letaknya tak begitu jauh dari Jl. Daendels Argopeni ( Yogyakarta – Cilacap). Jika bagi anda ingin mengunjungi tempat ini sebaiknya bertanya dengan warga sekitar. Tak ada petunjuk jalan maupun fasilitas yang ada di Pantai ini.

Jadi, kepada para wisatawan yang ingin menikmati keindahan dan kealamian Pantai Karang Agung biasanya warga meminta para wisatawan untuk tidak membuang sampah dan merusak apapun di Pantai tersebut. Selain karena berada di wilayah Perhutani dan menjaga kealamian pantai, Pantai ini juga kerap digunakan untuk melalukan tradisi laut warga.(LintasKebumen©2014)

Rute: Kebumen Kota – Klirong – Munggu (Petanahan) – Pantai Suwuk – Karangbolong – Belok kanan ke Jl. Ayah Karangbolong – Srati – Karangduwur – Belok kiri ke arah Cilacap – Argopeni – Pantai Karang Agung

NB: Sebelum Pantai Pedalen dan Pantai Ayah. Jadi, jangan kebablasan!

rute

Advertisements

9 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s