Berlibur ke Pantai Menganti, Si Cantik yang Tersembunyi

 

Pantai Menganti

Pantai Menganti

AYAH – Berwisata ke Kabupaten Kebumen Jawa Tengah belum lengkap jika tidak mengunjungi Pantai Menganti. Pantai Menganti merupakan salah satu wisata pantai terbaik di Kabupaten Kebumen. Berada di balik perbukitan karst Gombong Selatan kecamatan Ayah yang jalannya berkelak kelok tidak menyurutkan para wisatawan untuk mengunjungi pantai berpasir putih ini.

Pemandangan laut pantai selatan dengan permukaan air yang biru dibatasi karang dan tebing tebing di pinggir pantai yang menjulang tinggi erta aktivitas para nelayan menjadi keunikan tersendiri. Secara Administratif Pantai Menganti terletak di desa Karangduwur kecamatan Ayah kabupaten Kebumen Jawa Tengah.

Lantas bagaimana caranya menuju ke Pantai Menganti dari Kota Kebumen? Dari Kota Kebumen pengunjung melalui jalan Daendels atau JLSS kemudian belok ke kanan menuju Pantai Suwuk di kecamatan Puring. Selepas itu pengunjung akan melintasi Jembatan Suwuk dan akan menemui pertigaan. Ke kanan ke Gombong dan ke kiri ke kecamatan Ayah. Setelah ambil kiri pengunjung akan mengikuti jalan raya sepanjang 6 Km dengan aktu temouh 13 menit berkendara.

Setelah itu pengunjung akan menemui pertigaan lagi, ke kanan ke Pantai ayah dan Cilacap dan ke kiri ke Desa Karangduwur. Pilihlah ke kiri, ikuti jalan hingga menemui pintu masuk Pantai Menganti. Dari sini pemandangan laut selatan sudah terlihat. Menyusuri jalan menurun dengan kanan kiri berupa jurang. Sampai di atas pantai jangan lupa sempatkan melihat keindahan pantai menganti dari gardu pandang saat belokan sebelum ke pantai.

Pantai Menganti memang menjadi destinasi favorite para wisatawan Kebumen maupun luar Kebumen. Selain pantainya yang indah, di pantai ini juga belum dipenuhi sampah sehingga masih tampak alami. Meski demikian sejumlah fasilitas dipantai ini cukup mendukung seperti mushola, toilet, tempat parkir, hingga warung makan. Hanya saja belum ada kendraan umum yang mencapai lokasi ini. Bagaiman? Tertarik mengunjungi Pantai Menganti? (LintasKebumen©2014)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s